Dunia Sepekan

Buku Termahal Di Dunia

Buku Termahal Di Dunia

Sebagai sumber utama ilmu pengetahuan dan disebut-sebut sebagai jendela dunia, buku memang menjadi benda penting yang diapresiasi sangat tinggi. Bukan hanya dengan pujian semata, beberapa buku ini bahkan dijual dengan harga sangat tinggi. Buku apa saja yang berhasil menjadi buku termahal di dunia?

CODEX OF LEICESTER
Sosok Leonardo da Vinci ternyata tidak hanya dikenal lewat berbagai karya seni miliknya, melainkan juga melalui karya tulis ilmiah berjudul “Codex of Leicester” ini. Ditulis pada tahun 1500-an, buku ini merupakan jurnal ilmiah yang memuat berbagai hal seperti gerakan air, fosil dan cahaya bulan. Buku berisi tulisan tangan dan gambar ini berhasil menjadi buku termahal di dunia setelah dibeli oleh Bill Gates seharga Rp. 409 milyar.

MAGNA CHARTA
Magna Carta Libertatum yang merupakan sebuah piagam perdamaian dibuat oleh John King of England dan Stephen Langton. Salah satu salinan Magna Carta dibeli oleh david rubenstein seharga Rp. 283 milyar yang dijual pada acara pelelangan Soetheby’s. Ia membeli salinan ini bukan hanya untuk sekadar pribadi, namun juga untuk ditunjukkan pada khalayak umum.(Cha)

---
Foto: Istimewa