Babys Room

4 Manfaat Ajak Bayi Berenang

4 Manfaat Ajak Bayi Berenang

Mengajarkan bayi berenang sejak dini dapat mendatangkan segudang manfaat terkait tumbuh kembang dan juga kecerdasannya. Baik emosional maupun intelektualnya. Jika masih ragu juga, yuk simak penjelasan berikut ini.

Sembilan bulan di dalam kandungan, bayi hidup di suatu ruang yang dipenuhi dengan air. Itulah mengapa sebenarnya hingga usia 6 bulan, bayi masih memiliki refleks untuk berenang, jika dimasukkan ke dalam air.

Bayi di bawah usia 6 bulan juga memiliki refleks tahan air. Di mana ketika masuk ke dalam air, mereka akan refleks menjulurkan lidahnya agar tidak ada air yang masuk ke dalam mulutnya. Selain itu, mereka juga mampu membuka mata lebar-lebar ketika di dalam air.

Meski insting renangnya masih ada, bukan berarti bayi dibiarkan atau dilepas begitu saja. Menurut Jillian, Owner & Trainer Aquababies Indonesia, ada teknik-teknik penting yang harus diajari step by step. Salah satunya adalah mengajarkannya untuk memahami cue ketika akan mengajarkannya menyelam. Jika tidak diajarkan, si kecil bisa-bisa akan trauma dan tidak mau belajar berenang lagi.

Meski begitu, ada banyak sekali benefit yang akan diperoleh jika Anda mulai mengajarkan bayi Anda berenang sedini mungkin. Berikut beberapa di antaranya, yang disebutkan Jillian.

Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental
Selain berenang, tidak ada olahraga lain yang bisa dilakukan oleh bayi. Mengingat di bawah usia 1 tahun, belum banyak gerakan yang bisa dilakukannya. Maka berenang bisa menjadi jenis olahraga yang terbaik untuknya. Kekuatan otot-ototnya pun akan sangat terlatih.

Melatih Kepercayaan Diri
Masuk ke dalam kolam renang yang sangat dalam bagi bayi tentu merupakan suatu hal yang menyeramkan. Namun jika dilatih dengan berbagai teknik yang diajarkan seperti menyelam, menceburkan diri ke air tanpa bantuan misalnya, dapat membuat rasa percaya dirinya terlatih.  

Develop Their Learning Skills
Dengan mempelajari berbagai teknik yang diajarkan oleh instruktur renang, si kecil akan terbiasa untuk listen to instruction, yang juga sangat bermanfaat ketika mereka memasuki dunia sekolah nanti. Bayi yang diajarkan berenang sejak dini juga akan memiliki kemampuan belajar lebih cepat dibanding bayi yang tidak diajarkan berenang.

Bonding Time yang Berkualitas
Dalam kegiatan renangnya, meskipun ada trainer atau instruktur yang mengajarkan teknik-tekniknya, si kecil tentu akan ditemani juga dengan orang tua mereka. Selama 15 hingga 30 menit itulah si kecil akan mendapat perhatian penuh dari orang tuanya. Hal ini dapat menjadi momen bonding time yang berkualitas bagi Anda dan si kecil.(Nyd)

---
Foto: IG @aquababiesindonesia