Era Digital, Tantangan Bagi Ibu Baru

Era Digital, Tantangan Bagi Ibu Baru

Memang tak dipungkiri, perubahan peran sebagai seorang ibu bagi perempuan menjadi sejumlah tantangan baru, ditambah era digital saat ini juga berpengaruh.

Masih dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional, pekan lalu Lazada mengadakan  sebuah diskusi yang membahas tantangan dan perjalanan para ibu di era digital yang dihadiri presenter Novita Angie dan Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. Seperti yang disampaikan Novita Angie, wanita cantik ini ingat ketika pertama kali jadi ibu sempat merasa sangat kaget dan kewalahan karena banyak hal baru yang terjadi.

"Bala bantuan dari support system saya lah yang membuat perjalanan awal saya sebagai ibu menjadi lebih mudah,” ungkap ibu dua anak ini.

Menurut Vera, keterampilan menyeimbangkan peran di dalam dan luar rumah jadi semakin menantang bagi perempuan saat ini. Ditambah tingginya tuntutan sebagai ibu, istri, profesional atau pengusaha di tengah terbatasnya waktu dan kadang-kadang mendapat sorotan negatif dari pengguna media sosial membuat working moms rentan stres.

“Mengelola ekspektasi dan pemilihan informasi jadi salah satu trik untuk menjadikan pengalaman sebagai ibu baru lebih menyenangkan,” jelas Vera.

Dibanding zaman dulu, pengasuhan zaman sekarang memang lebih terbuka. Seperti dari sisi anak berubah, karena anak saat ini cenderung kritis dan pengaruh pola asuh juga. Pengasuhan sekarang lebih membiarkan anak ekspresif, terbuka, tidak takut ungkapkan pendapat atau mengatakan jika memang tidak suka pada sesuatu, itu memang menjadi sisi baiknya.

Dari sisi lingkungan lebih banyak lagi tantangan bagi ibu baru seperti gadget yang bisa jadi teman sekaligus musuh bagi anak. Jika orang tua dulu lebih mudah membatasi karena saluran televisi hanya satu, sekarang semakin banyak hal baru bermunculan.

Ibu pun berperan penting untuk memberikan aturan main yang pas agar gadget bisa jadi teman untuk anak.

“Sekarang anak bisa kapan aja akses hiburan dari gadget mereka. Di satu sisi memang banyak hal yang bisa dipelajari anak dari gadget, tapi harus disadari pula bagi orang tua tidak semua hal bisa di dapat dari gadget,” pungkas Vera. (AR)

----
Foto: Freepik

 

parenting,novita angie,vera itabiliana hadiwidjojo,lazada,hari anak nasional

Artikel Terkait

Comments