Stop Jadi Shopaholic

    28 July 2018
Stop Jadi Shopaholic

Apakah Anda seorang penggila belanja yang akan merasa stres ketika tidak bisa melakukannya? Bila ya, penting bagi shopaholic seperti Anda untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik agar tidak kehabisan uang di tengah jalan.

Hasrat berbelanja sedikit banyak rasanya memang dimiliki oleh mayoritas kaum hawa. Bukan hanya sekadar berbelanja kebutuhan, segelintir orang justru sangat maniak dalam berbelanja dengan kerap membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan demi mendapatkan kepuasan batin.
Berbelanja tidak sesuai dengan kebutuhan sering kali menjadi penyebab membengkaknya pengeluaran sehingga kondisi keuangan menjadi tidak sehat. Selain menahan keinginan sedikit demi sedikit, beberapa langkah ini akan membantu Anda tetap berhemat tanpa mengorbankan keinginan berbelanja Anda.

1.MEMBUAT ANGGARAN
Hal ini menjadi sangat penting untuk menghindari pengeluaran berlebih hanya untuk berbelanja. Buatlah anggaran dengan jumlah yang sama dan proporsional dengan pendapatan setiap bulannya. Anda bisa menggunakan anggaran tersebut untuk membeli berbagai kebutuhan yang sisanya barulah bisa digunakan untuk membeli kebutuhan tambahan.

2.MEMBURU PROMO
Tidak ada salahnya Anda memanfaatkan promo atau diskon yang diberikan oleh brand tertentu selama barang tersebut memang dibutuhkan serta memilki kualitas yang baik. Anda harus jeli memilih produk promo, karena mungkin saja terdapat kekurangan yang membuat Anda menjadi tidak puas pada akhirnya.

3.MEMBAWA UANG SECUKUPNYA
Terkadang seseorang memilih membawa uang lebih saat hendak berbelanja untuk menghindari kekurangan. Tetapi Anda harus tahu bahwa hal ini bisa menjadi godaan tersendiri. Bawalah uang seperlunya sehingga Anda akan lebih mempertimbangkan sebelum membeli suatu barang. Secara tidak langsung kondisi ini membuat Anda menekan hasrat belanja.

4.HINDARI KARTU KREDIT
Kartu kredit memang menjadi pisau bermata dua yang bermanfaat bila digunakan dengan bijak tapi akan jadi bumerang bila tidak digunakan dengan bijak. Berbelanja dengan kartu kredit akan membuat Anda tidak sadar bahwa ternyata sudah banyak sekali barang yang Anda belanjakan, Anda baru akan menyadari saat hendak membayar. Jumlah pemakaian yang besar ditambah dengan bunga akan membuat Anda harus mengeluarkan budget ekstra pada akhirnya.

5.SECOND STUFF
Para penggila belanja biasanya memiliki rasa gengsi tersendiri bila belum mempunyai barang terbaru dari merek A atau B, tanpa peduli apakah barang tersebut cocok atau tidak dengan dirinya. Padahal mungkin saja merek lain juga memiliki kualitas yang sama dengan harga lebih rendah. Bahkan, Anda tak perlu malu untuk membeli barang-barang bekas berkualitas baik.

6.HINDARI MAL
Bila Anda benar-benar tidak bisa menekan hasrat belanja Anda ketika ada di mall, maka mungkin Anda bisa mengurangi frekuensi berkunjung ke mal. Cobalah untuk pergi ke tempat lain bila hanya sekadar mencari hiburan.(Cha)

---
Foto: Istimewa

keuangan, shopaholic, stop

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments