Cantik

Trik Agar Bisa Berambut Warna Pastel

Tahukah Anda, mewarnai rambut membuat Anda terlihat modis dan lebih percaya diri. Tak heran, selain riasan kini mewarnai rambut tengah digandrungi untuk tampilan yang lebih cantik dan menawan.

Mayoritas warna rambut wanita Indonesia adalah hitam yang jika dipudarkan, berwarna dasar oranye atau kuning (warm tones). Namun tidak semua wanita Indonesia  cocok dengan warna hangat tersebut, karena beberapa juga memiliki skintone warna dingin.  Warna yang salah mengakibatkan penampilan terlihat kusam.

Untuk dapat mengubah warna rambut secara maksimal, diperlukan tahap pre-lightening atau yang biasa dikenal dengan sebutan bleaching.  Proses ini  adalah tahap pemudaran warna asli rambut melalui proses oksidasi sehingga dapat menunjang tingkat pewarnaan rambut selanjutnya. Walau banyak paham beredar bahwa teknik ini mengakibatkan kerusakan rambut tapi tidak seluruhnya benar. Berikut adalah beberapa fakta mengenai pre-lightening yang diungkapkan Indra Tanudarma, Hair Expert dan  Head of Education L’Oréal Professionnel.

Apakah benar perlu tahap bleaching berkali-kali untuk mendapatkan warna rambut yang maksimal?
Tergantung dari kondisi rambut dan warna seperti apa yang ingin dicapai. Dalam keadaan rambut yang belum pernah diwarnai (virgin), ketika di-bleach satu kali akan terlihat semburat warna oranye. Dalam tingkatan warna rambut, warna ini berada di level 6. Lalu semakin tinggi akan berubah menjadi oranye kekuningan, kuning, hingga pucat seperti blonde. Untuk pengaplikasikan warna seperti navy, purple, magenta dan sejenisnya dapat dicapai dengan satu kali proses pre-lightening pada rambut virgin. Jika Anda ingin mewarnai rambut dengan warna pastel, minimal harus ada di level yang kuning atau pucat (7-10).

Seperti apa proses yang harus dilewati rambut virgin untuk mencapai warna rambut pastel?
Tingkat pre-lightening yang diaplikasikan berada di level 8-9. Rambut virgin butuh dua kali proses bleaching dengan teknik back to back secara tipis-tipis agar tone-nya bisa naik. Proses ini memakan waktu sekitar 30 menit. Perlu dicatat, bleaching dilakukan secara bertahap. Setiap selesai dilakukan harus dicek kembali apakah perlu diulang atau tidak. Konsultasikan dengan hair expert agar mendapatkan hasil maksimal.

Benarkah warna rambut pastel lebih cepat pudar?
Pada kenyataannya, iya. Semakin vivid warna yang dipakai akan semakin tahan lama, sedangkan semakin pastel warna rambutnya juga akan semakin cepat pudar.

Pewarna dengan kandungan ammonia berbahaya?
Faktanya, kandungan ini justru yang paling aman digunakan untuk proses perubahan warna rambut. Sayangnya, kandungan ini punya bahan agresif yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala sensitif. Tentu lebih baik menggunakan pewarna rambut non-ammonia untuk Anda yang berkulit kepala sensitif.

Hal yang harus diperhatikan sebelum mewarnai rambut…
Jangan mencuci rambut Anda! Sebum yang diproduksi secara alami di kulit kepala Anda akan melindunginya dari bahan kimia dan menghindari resiko iritan. Sebum ini sendiri tidak akan memperlambat atau menghambat proses pewarnaan rambut.

Perawatan paska pre-lightening?
Lakukan perawatan secara rutin, gunakan kondisioner dan masker rambut, juga pengaplikasian serum rambut setiap hari.  Pastikan rambut kering sempurna sebelum blow-dry untuk menghindari rambut patah dan rontok. Pemakaian catok di tingkat panas 150°C masih aman, namun jangan ditahan terlalu lama. Lebih dari sedetik saja, warna rambut dapat pudar. Hindari pula mencuci rambut dengan air hangat.


---
Teks: Mreizghi Alvio Linchia
Foto: Istimewa