Cara Memotong Kuku Yang Benar

Cara Memotong Kuku Yang Benar

Kuku merupakan bagian tubuh yang tumbuh di ujung jari, berasal dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Itulah mengapa kalau kuku bayi masih lembut, tidak sekeras kuku orang dewasa.

Lalu apa sih fungsi kuku? Fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang dipenuhi urat saraf. Sebab, pada kulit di bawah kuku, terdapat banyak sekali pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah yang kuat, sehingga warnanya kemerah-merahan. Selain itu, kuku juga berfungsi untuk mempertinggi daya sentuh. Kuku manusia dapat tumbuh sepanjang 0.5 hingga 1.5 mm, tergantung suhu tubuh.

Nah, karena kuku memiliki fungsi yang juga cukup penting, kita harus rutin membersihkan kuku. Walaupun kuku yang panjang akan mempercantik penampilan, sebaiknya kuku dipotong secara rutin. Kuku yang panjang dapat menyimpan bermacam kotoran.

Tapi, memotong kuku pun tidak boleh asal loh. Ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan ketika memotong kuku.

Potong Kuku Secara Lurus
Memotong kuku yang benar adalah lurus. Sebaiknya tidak memotong bagian pinggirnya dengan melengkung. Sebab, hal ini dapat berisiko membuat kuku kaki tumbuh ke dalam dan menimbulkan infeksi.

Jangan Terlalu Pendek
Hindari memotong kuku terlalu pendek, karena selain bisa menimbulkan rasa perih, kuku yang dipotong terlalu pendek juga rentan terhadap infeksi.

Pastikan Kuku Kering
Saat akan memotong kuku, sebaiknya pastikan kuku dalam keadaan kering. Kuku yang basah akan lebih mudah sobek. Akibatnya proses pemotongan bisa kurang rapi.

Jangan Potong Sekaligus
Biasakan jangan memangkas kuku dalam sekali potong. Apalagi kalau kuku cukup panjang. Potonglah sedikit demi sedikit, untuk menghindari pemotongan yang terlalu pendek, yang juga bisa menimbulkan luka.


----
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa