Semarak Hari Raya 1439 H

Mudik Aman dengan Asuransi

Mudik Aman dengan Asuransi

Proteksi diri berikut kendaraan dan barang bawaan menjadi penting dimiliki bagi Anda yang menjalani agenda tahunan mudik.  Kesadaran mengenai adanya risiko insiden yang tidak menyenangkan selama dalam perjalanan tersebut belum banyak dimiliki oleh masyarakat. Dan oleh karenanya, menelaah pentingnya memiliki asuransi mudik harus dimulai.

Terpikir kah oleh Anda bahwa pada setiap perjalanan selalu ada risiko yang mengintai? Mulai dari kecelakaan yang menyebabkan luka ringan, luka parah, cacat fisik permanen, kematian, kerusakan kendaraan atau pun kehilangan barang-barang bawaan. Menimbang berbagai risiko tersebut, memiliki asuransi perjalanan atau asuransi mudik bisa menjadi upaya antisipasi yang bijak.

Berdasarkan pada data Koprs Lalu Lintas Polri tercatat telah terjadi kecelakaan sebanyak 1.299 kasus pada musim mudik 2017. Melihat data tersebut, Anda dapat mencoba mengikursertakan diri dalam program asuransi mudik yang kini dirancang oleh beberapa perusahaan keuangan.

PILIHAN ASURANSI MUDIK

Terdapat beberapa pilihan asuransi mudik yang dapat Anda pilih. Namun yang penting diperhatikan ketika hendak membeli polis asuransi mudik ialah Anda harus mengetahui dengan sejelasnya mengenai perhitungan, syarat dan ketentuan yang berlaku. Karena setiap produk asuransi tentu saja memiliki keunggulan dan kelemahan berbeda.

ASURANSI MUDIK SIMASNET
Simasnet yang merupakan anak perusahaan dari Asuransi Sinar Mas, membuat produk asuransi mudik yang diperuntukan khusus bagi para pemudik yang berpergian baik menggunakan angkutan umum resmi (pesawat, kapal laut, kereta api dan bus) maupun dengan kendaraan pribadi (roda empat atau lebih).
Asuransi mudik ini dapat memberi beberapa perlindungan yaitu santunan meninggal dunia karena kecelakaan, santunan cacat tetap akibat kecelakaan, serta biaya perawatan medis akibat kecelakaan.Setiap polis yang Anda beli atas produk ini dapat berlaku untuk individu maupun keluarga dengan maksimal jumlah anggota sebanyak 5 orang. Seuai dengan namanya yaitu asuransi mudik, maka periode pertanggungan dari produk asuransi ini maksimal hanya 30 hari setelah polis terbit.

ASURANSI MUDIK ADIRA
Pilihan lainnya bagi Anda yang ingin memiliki produk asuransi khusus mudik ialah asuransi mudik Adira. Asuransi mudik dari Adira ini terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi mudik motor dan mobil, di mana premi dari asuransi mudik motor sebesar Rp. 35.000,- dan mobil sebesar Rp. 75.000,-.
Periode polis yang ditawarkan produk ini relatif lebih singkat dari kompetitornya yaitu selama 14 hari setelah polis terbit. Pertanggungan yang diberikan dari asuransi ini antara lain uang kematian atau cacat total karena kecelakaan, biaya medis kecelakaan serta biaya evakuasi saat kecelakaan. Selain itu, Anda juga mendapatkan perlindungan ganda bila terjadi kehilangan atau kerusakan barang bawaan serta santunan biaya pengurusan kehilangan dokumen.

---
Teks: Hafni Kusumawardhani
Foto: Istimewa