Habatussauda: Rempah Pencerah Kulit Wajah

Alami dan organik, kini menjadi standar pertimbangan dalam produk konsumsi, kesehatan hingga kecantikan. Ternyata banyak sekali bahan natural yang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah jintan hitam.

Jintan hitam, atau yang dikenal dengan Habbatussauda, adalah bahan herbal alami yang telah lama digunakan sebagai obat berbagai macam gangguan kesehatan. Selain dua nama di atas, rempah-rempah ini juga memiliki banyak nama, di antaranya adalah Nigella Sativa untuk nama ilmiah, black seed, black cumin, hingga Kalonji di India.

Jintan hitam memiliki kandungan berbagai zat dan vitamin yang kompleks. Sebut saja vitamin C, vitamin B1, dan B2, B6, serta vitamin A, sodium, asam amini, kalsium, dan zat besi, omega-3 dan 6, dan masih banyak lagi. Biji hitam ini pun telah diakui halal untuk pemakaian baik dari dalam maupun luar tubuh.

Sejarah Jintan Hitam
Sejak ribuan tahun lalu, rempah berbentuk butiran biji berwarna hitam pekat ini telah dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk kesehatan. Tercatat pada literatur pengobatan kuno seperti Ibnu Sina (980 - 1037 M), Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim, dan Al-Baghdadi, bahwa jintan hitam awam digunakan sebagai pengobatan herbal sejak 2.000-3.000 SM. Ahli pengobatan kuno bernama Dioscoredes pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat biji hitam ini sebagai pengobatan sakit kepala dan saluran pernafasan.

Manfaat Jintan Hitam untuk Kecantikan
Pernah mendengar ungkapan, ‘you are  what you eat’? Arti dari kalimat ini adalah penampilan luar Anda besar dipengaruhi oleh makanan apa yang Anda konsumsi. Tak hanya kecantikan dari dalam kulit, pemakaian beberapa bahan makanan pun dapat digunakan secara topikal. Karena aman dikonsumsi, maka kemungkinan alerginya pun hampir tidak ada dibandingkan bahan-bahan kimia.

Begitupun jintan hitam. Karena aman dikonsumsi baik sebagai obat herbal maupun rempah makanan, biiji-bijian ini juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Biasanya, ekstrak jintan hitam dapat ditemukan dalam bentuk minyak. Bagaimana ekstrak ini dapat bekerja menyehatkan kulit Anda?

Meredakan Jerawat
Minyak jintan hitam memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mencegah dan mengobati jerawat, serta mengurangi kemerahan karena efek samping peradangannya. Tumbuk jintan hitam dengan madu atau minyak zaitun sampai halus. Lalu oles secara merata pada seluruh wajah. Biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Pencerah Kulit Wajah
Jintan hitam dikemas dengan vitamin, protein, karbohidrat, mineral dan asam lemak yang baik untuk perawatan kulit.  Biji-bijian ini membantu meregenerasi tekstur kulit dan merupakan bahan utama yang digunakan sebagai pencerah wajah. Caranya, campurkan bubuk jintan hitam, bubuk kunyit dan madu lalu oles secara merata. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan bersih.

Facial Scrub Anti Iritasi
Minyak jintan hitam dapat dijadikan pilihan bahan utama facial scrub. Campur minyak jintan hitam dengan gula, lalu gosok secara perlahan dan ratakan di seluruh permukaan wajah.

Melembabkan kulit
Jintan hitam kaya akan asam amino yang dapat mengatasi kekeringan kulit. Campur minyak jintan hitam dan minyak kelapa dalam perbandingan yang sama, oles sambil pijat lembut pada kulit Anda yang kering agar kembali lembab.

Mencegah keriput
Karena kandungan antioksidan yang dikandung jintan hitam, ekstraknya akan sangat sempurna dimanfaatkan untuk melawan radikal bebas yang merusak kulit juga rambut. Oleskan minyak jintan hitam pada kulit wajah Anda lalu pijat perlahan agar meresap dengan baik.

Menutrisi rambut
Mengoles minyak jintan hitam secara langsung dapat membantu sehatkan batang rambut. Minyak ini dapat menyerap ke dalam sel-sel rambut dan menjadikannya lembut dan halus. Rempah ini juga dapat mencegah rambut rontok, menjadikannya semakin kuat dan merangsang pertumbuhan rambut sehat. Campur minyak jintan hitam dan minyak zaitun, oles dan pijat perlahan kulit kepala serta rambut, diamkan dan bilas dengan bersih.

-----
Teks: Mreizghi Alvio Linchia
Foto: Istimewa