Makanan Penangkal Kanker

Makanan Penangkal Kanker

Tahukah Anda bahwa salah satu pemicu terjadinya kanker ialah paparan radikal bebas dalam tubuh? Untuk menangkalnya, beberapa jenis makanan direkomendasikan agar risiko terjadinya kanker dapat diturunkan.

Dengan angka penderita yang masih tergolong tinggi, maka sudah seharusnya Anda lebih waspada. Meski penyebab terjadinya kanker payudara sangat beragam, tetapi upaya pencegahan mesti tetap diupayakan. Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan yakni dengan mengonsumsi makanan yang direkomendasikan dan menjauhi makanan yang dapat memicu sel kanker. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang dianjurkan dan dihindari pada penderita kanker:

APEL
Buah merah ini ternyata memiliki banyak manfaat baik yang dapat bertindak sebagai anti-oksidan sehingga dapat memerangi pertumbuhan sel kanker. Apel mengandung flavonoid dan polifenol, vitamin C dan vitamin B kompleks. Tidak hanya berperan sebagai antioksidan, apel juga kaya serat sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

KANGKUNG
Kankung juga merupakan salah satu sayuran hijau yang direkomendasikan karena mengandung vitamin A, B kompleks dan C yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan imunitas tubuh. Kangkung juga merupakan sumber serat yang baik untuk Anda yang ingin mengontrol kolesterol.

BAYAM
Sayuran ini juga memiliki beberapa kandungan penting untuk mencegah kanker seperti Flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan serta vitamin C yang memberi manfaat anti-inflamasi.

BROKOLI
Sayuran yang bentuknya hampir mirip dengan kembang kol ini, ternayata juga terkenal sangat baik untuk mencegah kanker. Brokoli mengandung vitamin C, sulforafana dan isotiosianat, serat, vitamin A dan E.

-----
Teks: Hafni Kusumarwadhani
Foto: Istimewa