Yang Perlu Diperhatikan Ketika Bayi Mulai Merangkak

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Bayi Mulai Merangkak

Memasuki usia 6 atau 7 bulan, bayi akan mulai merangkak. Rasa ingin tahu nya akan semakin besar karena ia sudah dengan lebih mudah dan leluasa menggapai apa yang menarik perhatiannya dengan merangkak ke sana ke mari. Membiarkannya merangkak ke segala arah boleh-boleh saja, asal perhatikan beberapa hal penting berikut.

Pastikan Area Merangkak Aman
Penting untuk selalu memastikan area merangkak si kecil aman dari berbagai bahaya. Jauhkan benda-benda tajam, beracun, ataupun mudah terbakar, yang mungkin bisa dijangkau olehnya. Awasi juga kalau-kalau saat merangkak ia memungut sebuah benda dan menelannya.

Pakaikan Celana Panjang atau Knee Pad
Untuk mencegah luka akibat gesekan dengan lantai, serta benda-benda yang berpotensi melukai lutut si kecil, jangan lupa untuk selalu melengkapi atribut pakaiannya, seperti knee pad atau celana panjang yang dapat menutupi lutut.

Know When to Stop
Jangan lupa untuk memperhatikan sudah berapa lama si kecil asik merangkak sejak terakhir kali ia makan atau minum. Pahami juga ekspresi dan geriknya. Jika ada tanda-tanda lelah atau mengantuk, itulah waktu yang tepat untuk mengajaknya berhenti merangkak. Baringkanlah ia dan lakukan sedikit pijatan lembut pada kaki dan tangannya.

-----
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa

ibu anak, bayi, merangkak

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments