Yuk, Stimulasi Si Kecil yang Sudah Mulai Merangkak

Yuk, Stimulasi Si Kecil yang Sudah Mulai Merangkak

Merangkak merupakan salah satu tahap tumbuh kembang bayi yang selalu dinanti-nantikan para orang tua. Mulai usia 6 atau 7 bulan, biasanya bayi akan mulai mencoba untuk tengkurap dan mengangkat kepala, dengan bertumpu pada kedua tangan. Barulah setelah itu perlahan ia akan mulai merangkak, dengan menumpukan bagian bawah tubuhnya pada lutut.

Setiap bayi bisa dibilang punya gaya merangkaknya masing-masing. Ada yang merangkak dengan menggunakan tangan dan lutut, ada yang menggunakan perut, ada juga yang seperti mengesot. Kendati begitu, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa masa-masa merangkak merupakan masa penting, di mana kekuatan otot tangan dan kaki si kecil akan terlatih, yang juga penting untuk mendukungnya saat belajar berjalan nantinya.

BERI DORONGAN & STIMULASI
Umumnya, bayi merangkak pada usia 6 hingga 9 bulan. Namun, jika bayi Anda tak kunjung merangkak, Anda bisa menstimulasinya dengan beberapa cara berikut.

Tummy Time!
Posisikan bayi Anda dalam keadaan tengkurap, lalu rangsang ia untuk mengangkat kepala dan perut secara perlahan. Anda bisa lakukan cara ini setiap sehabis mandi, atau saat sedang bersantai.

Gunakan Mainan Favorit
Bayi biasanya akan tertarik dengan benda atau mainan yang berwarna mencolok. Anda bisa gunakan ini untuk merangsangnya merangkak. Misal dengan meletakkan mainan kesukaannya agak jauh dari posisinya, dan pancing ia untuk merangkak dan mengambilnya.

Merangkak Bersama
Saat sedang bersantai dan bermain bersama, cobalah untuk melakukan gerakan merangkak, dan ajak si kecil untuk mengikuti gerakan Anda. Ini juga bisa menjadi bonding time yang menyenangkan antara Anda dan si kecil.

-----
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa

ibu anak, bayi, merangkak

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments