Hentikan Cegukan Tanpa Minum

Hentikan Cegukan Tanpa Minum

Di bulan Ramadan, terutama di siang hari saat kita sedang menjalankan ibadah puasa, terkadang cegukan bisa sangat melelahkan. Jika selama ini kita selalu menganggap bahwa cegukan dapat hilang dengan minum air putih, ternyata tidak sepenuhnya benar! Ada 4 cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan cegukan tanpa harus meneguk air putih. Apa sajakah?

Menahan Nafas
Selain minum sambil menahan nafas, ternyata hanya dengan menahan nafas saja cegukan bisa dihentikan. Tidak perlu terlalu lama, tarik nafas dalam-dalam dan tahan selama kurang lebih 10-15 detik baru kemudian dilepaskan.

Bernafas di Kantung Kertas
Anda tahu, bernafas dengan kantung kertas ditempelkan pada wajah juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghentikan cegukan. Caranya, kembungkan kantung kertas dan bernafas seperti biasa. Anda akan menghirup kembali udara yang terkumpul di kantung kertas.
Sebenarnya, cegukan terjadi karena adanya kontraksi pada diafragma. Dan yang dapat menghentikan kontraksi tersebut adalah dengan karbondioksida. Nah, karbondioksida yang ada dalam udara yang dihembuskan oleh Anda dapat menyembuhkan kontraksi dalam diafragma.

Duduk dengan Lutut Menyentuh Tubuh
Duduk dengan posisi lutut menekuk dan kita peluk hingga kita seperti meringkuk. Tidak perlu terlalu lama, lakukan posisi ini selama 30 detik dan bernafas seperti biasa.

Memijat Ringan Ulu Hati
Dengan melakukan pijatan ringan di sekitar area ulu hati, cegukan juga bisa dihentikan. Karena diafragma tersebut letaknya memang di dekat ulu hati, jadi memberikan pijatan akan membantu kontraksi pada diafragma berangsur-angsur terhenti. Lakukan treatment ini selama 10 detik saja.

Bagaimana, apakah cegukan Anda sudah berhasil dihentikan?