3 Manusia Tertua

3 Manusia Tertua

Banyak orang yang menginginkan memiliki usia yang panjang, tetapi sayangnya, tidak banyak orang mencapainya. Lantas siapa saja mereka yang beruntung karena berumur panjang?

LI CHUNG YUN
Pria berkebangsaan Tiongkok ini memegang rekor menjadi manusia tertua di dunia sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada usia ke 256. Ia adalah seorang atlet bela diri dan tabib yang sering melakukan perjalanan ke banyak wilayah untuk mengumpulkan tanaman-tanaman obat. Semasa hidup Li Chung Yun memiliki 24 istri dan lebih dari 200 cucu.

---------

MBAH GOTHO
Pria bernama asli Saparman ini diketahui lahir pada tanggal 31 Desember 1870. Sebutan Mbah Gotho sendiri didapat dari tetangga-tetangganya yang melihat kondisinya yang masih cukup kuat meski di usia senja. Namun pada 30 April 2017 lalu Mbah Gotho meninggal dengan usia 147 tahun karena sakit. Mbah Gotho memang kerap menyatakan keinginannya untuk segera menghadap ilahi karena usia yang sudah sangat tua.

---------

SWAMI SIVANANDA
Seorang tokoh keagamaan Hindu asal India yang bernama Sivananda Saraswati atau yang juga dikenal dengan nama Swami Sivananda, juga termasuk dalam daftar manusia tertua di dunia. lahir di Pattamadai, India pada 8 September 1887, ia memiliki kebiasaan unik yaitu melakukan yoga setiap hari meski tak lagi muda. Namun ia telah meninggal pada 14 Juli 1963 lalu dengan usia 120 tahun.

------
Teks: Hafni Kusumawardhani
Foto: Istimewa

 

dusep, manusia, tertua, manusia tertua

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments