The Royal Wedding Harry & Meghan

Wedding Cake yang Mendobrak Pakem Kerajaan Inggris

Wedding Cake yang Mendobrak Pakem Kerajaan Inggris

Dalam pernikahan adat barat, wedding cake selalu menjadi poin utama yang diperhatikan. Tak terkecuali di The Royal Wedding Harry & Megan 19 Mei yang lalu.

Sudah sejak bulan Maret, Kensington Palace mengumumkan bahwa wedding cake Harry & Meghan akan berbeda dari wedding cake pada pernikahan kerajaan sebelumnya. Sudah menjadi tradisi dalam pernikahan kerajaan, fruitcake lah yang dipilih, tapi tidak di pernikahan Harry & Meghan.

Pasangan ini memilih lemon elderflower cake yang dihias dengan buttercream dan bunga-bunga segar. Si pembuat cake, Claire Ptak, mengungkapkan beberapa hal tentang wedding cake Harry & Meghan yang tidak sesuai dengan pakem pernikahan kerajaan.

Claire adalah seorang pastry cook asal California. Ia kemudian pindah ke London di tahun 2005 dan membuka sebuah bakery dengan nama Violet Bakery di Timur Inggris Raya. Di bakery nya, Claire membuat kue-kue dengan bahan organik.  

Lalu apakah elderflower itu sendiri?
Elderflower atau bunga elder adalah bunga khas Inggris dengan warna putih dan bentuk kecil-kecil.
Bunga yang memang dipanen di bulan Mei-Juni ini memiliki rasa segar, sesegar udara di musim semi. Biasanya bunga ini diolah menjadi minuman, bisa juga dicampur dengan alkohol.

Ternyata tidak hanya bahan-bahan dan dekorasi nya yang tidak sesuai dengan pakem pernikahan kerajaan, bentuk dari cake nya sendiri juga berbeda.

Kepada Telegraph.co.uk, Claire berujar bahwa ada tiga cake dengan ukuran yang berbeda dan ditata dengan posisi yang berbeda pula. Jika secara tradisionalnya wedding cake dipajang dengan ditumpuk, wedding cake Harry & Meghan ditata cantik dengan ornamen berbeda dan hiasan bunga-bunga segar. Wedding cake istimewa ini ditata cantik dengan gaya yang kini sedang tren di Amerika beberapa tahun belakangan.  

Claire dan timnya yang terdiri dari 6 orang bakers ini bekerja full time di istana Buckingham selama 5 hari penuh. Sebelum mulai bekerja, Claire bahkan memberikan banyak pilihan rasa kepada kedua mempelai untuk dicicipi. Pilihan pun jatuh pada lemon elderflower cake karena menurut mereka, cake ini memiliki ciri khas yang menyegarkan dan sangat cocok untuk dinikmati di musim semi. Menurutnya, kombinasi rasa cake ini juga seimbang antara rasa manis dan tekstur cakey nya.

Lemon sponge cake dengan elderflower swiss meringue buttercream ini begitu istimewa. Bagaimana tidak? Lemon cake ini diberi sirup elderflower yang resepnya khusus dibuat untuk mereka. Kurang lebih 200 buah amalfi lemon dan 10 botol sandringham elderflower cordial. Istimewanya, elderflower nya diambil dari the Queen’s Sandringham estate.

Cake ini akan disuguhkan kepada 600 tamu undangan pada saat resepsi pernikahan di St. George’s Hall.  

--------
Foto: Google.com