Perlukah Bayi Menggunakan Kaus Kaki?

Perlukah Bayi Menggunakan Kaus Kaki?

Selain baju dan celana, kaus kaki merupakan salah satu yang hampir tidak pernah ketinggalan dari outfit bayi sehari-hari. Fungsi utama kaus kaki memang untuk menjaga suhu badan si kecil agar tetap hangat. Namun tepatkah jika ia selalu dipakaikan kaus kaki, selama 24 jam penuh, bahkan saat ia tidur? Lalu kaus kaki seperti apa sih yang paling tepat dipakaikan untuk bayi?

Selayaknya orang dewasa, bayi pun memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda. Mengikuti berbagai teori tentang penanganan bayi tentu tidak salah. Hanya saja, kembali lagi ke Anda, sebagai ibu, yang harus berusaha memahami sinyal-sinyal yang ditunjukkan si kecil, agar bisa tahu jika ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman.
Pun halnya dalam hal kaus kaki. Dr. Chaitali Laddad, Founder & Director, The Pediatric Network, seperti dikutip dari The Health Site, mengungkapkan bahwa seorang ibu perlu memahami isyarat dari perilaku bayinya untuk mengerti berapa banyak pakaian yang bisa membantunya tetap hangat. Di negara tropis seperti Indonesia, yang cuacanya cenderung panas, kaus kaki di siang hari tampaknya tidak perlu. Selain itu, membiarkan bayi bertelanjang kaki juga membuatnya bisa menggerakkan jemari kakinya dengan leluasa, sehingga bermanfaat untuk perkembangannya.

Do’s!
Sesuaikan dengan Suhu di Sekitar Bayi
Bagi Anda yang mungkin masih bingung, sebenarnya perlu atau tidaknya bayi mengenakan kaus kaki. Jawabannya adalah, tergantung bagaimana suhu di sekitar bayi.
Jika suhu sedang dingin, sedang dalam ruangan ber-AC, atau misalnya bayi menunjukkan tanda bahwa ia kedinginan, seperti bibir atau telapak kakinya terlihat agak biru, maka pakaikanlah kaus kaki segera. Itulah saat yang tepat bagi bayi untuk mengenakan kaus kaki.
Sebaliknya, jika bayi menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman, seperti mengeluarkan keringat di bagian telapak kakinya, maka sebaiknya segera lepas kaus kakinya.
    
Pilih Kaus Kaki Berbahan Katun
Tak hanya kaus kaki sebenarnya, pakaian dan celana bayi juga sebaiknya terbuat dari bahan katun. Sebab bahan ini memiliki karakter halus dan mampu menyerap keringat, sehingga lebih terasa nyaman di kulit jika dibanding bahan lainnya.

Don’ts!
Memilih Kaus Kaki Berbahan Wol
Bahan wol merupakan bahan yang harus dihindari ketika memilih kaus kaki untuk si kecil. Karakter bahan wol yang tebal dan bersifat mampu mengurung panas, akan membuat keringat tidak dapat terserap, sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Memakaikan Kaus Kaki yang Ketat
Selain memastikan bahan kaus kaki terbuat dari katun, penting juga untuk memastikan kaus kaki yang dipakai si kecil tidak ketat. Pakaikanlah kaus kaki yang agak longgar, sehingga ia masih bisa menggerakkan jari-jari kakinya.  
Agar lebih nyaman lagi, Anda juga sebaiknya memilih kaus kaki tanpa karet atau pita elastis, yang bisa menimbulkan bekas atau pola di permukaan kulit bayi, ketika Anda membuka kaus kakinya.


----
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa

 

 

babys room, kaus kaki

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments