Via Vallen, Warna Baru Dangdut Koplo

Via Vallen, Warna Baru Dangdut Koplo

Via Vallen memberi warna baru di musik dangdut. Bukan goyang menggoda, dia berkibar melalui suaranya yang indah serta gaya modis nan elegan khas anak muda kekinian.

 

Tengoklah salah satu lagu paling populer yang pernah dibawakan Via Vallen, Sayang. Liriknya memadukan penggunaan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Irama suling, gemerincing tamborin dan senggakkan “o a o e” menguatkan ciri khas lagunya yang beraliran dangdut koplo.

Tidak terlihat goyangan-goyangan berlebihan dalam aksinya. Busana yang ia kenakan pun lebih sering menampilkan model yang kasual. Namun, dengan pembawaannya yang ‘sopan’ ternyata Via masih bisa memikat para penikmat musik dangdut.

Terbukti sejak pertama kali video klip Sayang diunggah ke YouTube delapan bulan lalu, hingga kini telah ditonton sebanyak lebih dari 80 juta kali. Beberapa netizen mengaku langsung jatuh cinta begitu mendengar suara penyanyi berusia 26 tahun itu.

“Jujur banget jarang dengerin musik dangdut. Bahkan cenderung gak pernah. Suatu hari, temen minjem hp buat streaming YouTube dan tiba-tiba muncul ini di feeds. Penasaran diputer dan langsung ketagihan,” tulis akun Look Lick.

Kegemaran Via menyanyikan ulang (mengkover) lagu-lagu dari genre musik lain dengan sentuhan dangdut koplo pun disalurkan melalui media yang sama. Seperti lagu berjudul Akad (Payung Teduh), Dari Mata (Jaz), hingga lagu barat seperti Despacito yang bertempo cepat pun bisa ia koplo-kan.

Sejak kelas 5 SD

Via berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur, provinsi di mana dangdut koplo tumbuh subur sejak tahun 2000-an. Sejak awal kariernya, penyanyi bernama asli Maulidia Octavia ini memang memilih berada di jalur dangdut koplo.

Hal itu tak terlepas dari sang ayah yang kerap mengajaknya ikut ‘manggung’. Dilansir dari berbagai sumber, ayah Via juga adalah seorang musisi dangdut.

Nama Via Vallen mulai dikenal dari panggung ke panggung di daerah Jawa Timur. Dalam penampilannya, ia berani melangkah keluar dari stereotip penyanyi dangdut yang terkenal karena goyangan atau pakaiannya.

Nyatanya, Via menjadi biduan dangdut yang ditunggu-tunggu. Ia pun memiliki komunitas penggemar yang menjuluki diri sebagai Vianisty.

Sebagai pendatang baru di industri musik yang mengusung dangdut koplo, kehadirannya bak angin segar di antara genre-genre lagu yang cukup mendominasi, seperti pop, rock atau jazz. Karyanya yang disukai publik menghantarkan Via mendapat penghargaan sebagai Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler dalam ajang Indonesia Dangdut Award 2017.

Teks: Lucia Vania   I   Foto: Instagram Via Vallen