Pilih Liquid atau Powder Foundation?

Dari beberapa jenis, ada dua jenis foundation yang cukup banyak beredar di pasaran yaitu; liquid foundation dan powder foundation. Penting untuk mencari tahu, manakah diantara kedua jenis ini yang cocok untuk kulit wajah Anda. Meski tidak berlaku baku, berikut beberapa teori dasar yang WI himpun untuk membantu Anda menemukan jenis alas bedak yang tepat.

Alas Bedak Cair (Liquid Foundation)

Untuk menentukan kecocokan alas bedak, cari tahu dulu seperti apa jenis kulit wajah Anda. Secara teori, liquid foundation atau alas bedak cair memang lebih tepat digunakan pada jenis kulit yang cenderung kering. Karena berupa cairan dan seringkali terdapat kandungan yang melembapkan, jenis foundation ini bisa mencegah kulit kering Anda menjadi semakin kering.

Tekstur kulit juga turut berpengaruh. Kalau kulit Anda cenderung tidak merata karena bekas jerawat atau memiliki kerut halus di beberapa tempat, liquid foundation lebih cocok untuk Anda gunakan. Cairannya akan mengisi lekuk di kulit dan dengan formula yang tepat, hasilnya tidak akan cakey, bergumpal atau retak-retak. Dibanding jenis bubuk, liquid foundation lebih mampu menyamarkan permukaan kulit tidak merata tersebut dan menjadikan kulit tampak lebih halus.

Liquid Foundation Tidak Cocok Untuk Kulit Wajah Berminyak?
Meski pemilik kulit kering akan sangat terbantu dengan jenis foundation ini, bukan tidak boleh dipergunakan oleh Anda yang punya kulit berminyak. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli liquid foundation, seperti; lihat kecocokan terhadap jenis kulit berminyak dan kondisi tekstur kulit, perhatikan pula bahan dasarnya. Kini, telah banyak foundation yang dirancang untuk jenis kulit kering dan berminyak, bahkan untuk kulit yang rentan berjerawat atau sensitif. Jika Anda memiliki kulit berminyak, sebisa mungkin pilih alas bedak yang berbahan dasar air untuk mencegahnya semakin berminyak. Pilih juga yang punya hasil akhir matte.

Alas Bedak Bubuk (Powder Foundation)

Ada alasan khusus jenis alas bedak ini terkenal lebih cocok untuk Anda yang punya kulit berminyak. Karena berbentuk bubuk, minyak di wajah lebih terserap dengan baik. Jenis foundation ini juga tidak berisiko menyumbat pori jika dibandingkan dengan liquid foundation. Hal ini dikarenakan jenis alas bedak cair teksturnya terkadang sangat kental dan jika tak dibaurkan dengan baik atau digunakan terlalu tebal, hasilnya dapat membuat kulit break out atau berjerawat.

Powder Foundation Tidak Menutupi Kekurangan di Wajah dengan Baik?
Hal ini tidak benar. Powder foundation juga ada yang dikemas dalam fungsi ganda, yaitu bisa digunakan saat kering atau dengan spons basah. Varian yang ini biasa disebut two way cake dan teksturnya saat basah cenderung mirip seperti krim. Hasilnya akan tetap natural dan flawless, tidak kalah dari kemampuan jenis cair. Untuk masalah kenyamanan pada kulit, Anda bisa mengandalkan jenis alas bedak ini. Partikel powder foundation biasanya sangat halus dan terasa ringan di kulit. Meski ada yang memiliki pigmentasi yang sangat baik, tetap saja rasanya akan lebih ringan dibanding dengan liquid foundation full coverage
Kesimpulannya adalah….
Selain jenis kulit dan melihat kenyamanannya pada kulit, Anda juga bisa mempertimbangkan cuaca dan karakter kulit Anda ketika memilih foundation. Jika cuaca sedang terik-teriknya atau Anda mudah sekali berkeringat, powder foundation sangat disarankan. Keringat yang bercampur minyak dan make up mungkin akan membuat pori-pori Anda mudah tersumbat, apalagi jika Anda menggunakan liquid foundation. Namun, jangan pilih powder foundation jika Anda mencari produk yang bertahan lama di kulit. Anda bisa beralih ke liquid foundation yang kadang dilengkapi dengan formula waterproof atau sweatproof.

Tags: