JAKARTA FASHION WEEK 2018

3 Desainer Mode Syari Unjuk Gigi di Panggung Jakarta Fashion Week 2018

Teks: Gabriela Stefani

Tampaknya, koleksi busana syar’i mendapat perhatian khusus di Jakarta Fashion Week 2018 kali ini. Dibuktikan oleh tampilnya 3 desainer syar’i; Oki Setiana Dewi, Darabirra, dan Mayra, yang memamerkan karyanya secara eksklusif di perhelatan akbar mode Indonesia tersebut.

Selama perjalanannya ke luar negeri dalam pertukaran pelajar tahun 2017 ini, Oki Setiana Dewi mendapat banyak inspirasi. Salah satunya dalam koleksi yang ia bawakan kali ini. Melalui brand Q, Oki memberi tajuk ‘Coat’, yang menampilkan busana muslimah modern, elegan, cerdas dan juga cantik. 15 set look muslimah ini berbahan jacquard, baby tery pleats, serta satin yang flowy. Permainan motif stripes berpadu dengan motif bunga-bunga besar, berpalet warna kuat seperti; hitam, biru, ungu, emas, toska dan marun.

Batik Jambi menjadi pilihan label Darabirra. Tema yang diangkat yaitu ‘Pusako Petuah’, berasalh dari semboyan kota Jambi yang terkenal, ‘Tanah Pilih Pusako Betuah’ (tanah warisan Raja Jambi). Berbeda dengan Oki Setiana Dewi, Darabirra menggunakan bahan yang sedikit lebih tebal namun tetap ringan; viscose dan ceruti.Terlihat motif bunga pauh dan melati yang terukir dengan teknik batik pada kain yang didominasi warna gelap. Permainan teknik pun diusung, seperti; frill, opnaisel, bordir, dan juga beading.

Sementara Mayra mengangkat tema ‘Color In Harmony’. Kesan sederhana seorang muslimah ditampilkan dengan gaya yang lebih chic. Hanya dengan sentuhan aksen minimalis, warna merah muda dan abu-abu yang digunakan justru terlihat 'akur' dan manis.*