Ayo Menabung di Bank Bukopin!

Ayo Menabung di Bank Bukopin!

Dalam rangka bulan inklusi keuangan yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Bukopin menggelar kegiatan Bukopin Goes to School. Mengangkat tema Ayo Menabung, roadshow ke sekolah-sekolah untuk mengedukasi pentingnya menabung sekaligus memperkenalkan Tabungan Simpel (Simpanan Pelajar).

Ada 8 sekolah yang dikunjungi Bank Bukopin dalam program inklusi keuangan sejak 16-20 Oktober 2017. Yakni TK Kertapawitan Koja, SDN Tebet Timur 19, SDN Pela Mampang 03, SDN Duren Sawit 02, SDN Ancol 03, SDN Gondangdia 05, SDN Depok Baru 8 dan SDN Sukasari 4 Tangerang.

”Inklusi keuangan itu agar masyarakat Indonesia mengerti mengatur keuangan dengan cara gemar menabung. Dalam hal ini sejak sekolah dasar agar mengerti manfaat menabung,” jelas Dewi Ekawati, Kepala Divisi Area I saat berkunjung di SDN Tebet Timur 19.

Kepala Divisi Bisnis Area IV Agus  Gunarto menjelaskan saat berkunjung ke SDN 05 Gondangdia “Bank Bukopin memberikan edukasi perbankan dan menabung sejak dini melalui program-program seperti Student Day dan Goes To School untuk mengedukasi dan awareness kepada adik-adik sekolah dasar,“

Selaku Pimpinan Capem Kelapa Gading 2, Marisa Handayani, menambahkan, sebaiknya memang gemar menabung dikenalkan sejak dini. ”Dari TK sudah bisa menabung. Mereka jadi tahu bahwa menabung tidak hanya di celengan, bisa juga lewat bank,” kata Marisa di TK Kertapawitan.

Budi Darma, Kepala Divisi Bisnis Area 8 Depok melanjutkan, kampanye ini gencar dilakukan mengingat literasi keuangan Indonesia masih sangat rendah dibanding beberapa negara tetangga.

”Saat ini baru sekitar 36% penduduk Indonesia yang memiliki rekening bank. Diharapkan tahun 2019 kesadaran masyarakat memiliki rekening di bank meningkat,” harap Budi di SDN Depok Baru 8.

Aktivitas ini juga bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Bukopin kepada sekolah yang ada di lingkungannya. Para siswa pun antusias menyambutnya. Seperti siswa di SDN Tebet Timur 19 yang kompak memainkan angklung. Sedangkan siswa SDN Duren Sawit 02 Pagi terlihat berbondong-bondong menghampiri booth Bank Bukopin untuk mendaftar sebagai nasabah Tabungan Simpel.

Kemudahan menabung juga ditawarkan dengan sistem pick up service. Tim Bank Bukopin akan datang ke sekolah-sekolah untuk siswa yang ingin menyetor tabungan.

”Tabungan Simpel ini mudah sekali. Anak-anak hanya perlu melakukan setoran awal minimal Rp 5 ribu saja, melengkapi dokumen persyaratan seperti fotokopi KK, KTP orang tua, dan akte kelahiran, lalu sudah bisa membuka rekening dan dapat buku tabungan,” jelas Farhatun Qorina, Manager Dana Area VI yang mengunjungi SDN Duren Sawit 02.

”Diharapkan anak-anak tahu manfaat menabung, dengan Rp 5 ribu saja sudah bisa membuka rekening dan untuk setoran selanjutnya bisa dari Rp 1000,” tambah Rahmat Budi Santoso, Manajer Dana Divisi Bisnis Area V di  SDN Sukasari 4 Tangerang.

Adanya Tabungan Simpel disambut baik pihak sekolah. Seperti yang disampaikan Kepala Sekolah SDN 03 Ancol Darmianti. Terletak di daerah perindustrian yang jauh dari pusat kota, mayoritas pekerjaan orang tua murid adalah buruh pabrik. Tidak pernah terpikirkan oleh mereka untuk menabung di bank karena biaya kehidupan sehari-hari saja sudah menjadi tantangan tersendiri.

”Banyak kendala mereka untuk dapat menabung di bank. Mulai dari ketidakmampuan membayar setoran awal pembukaan rekening, hingga rasa malu untuk menabung dengan uang kecil. Kalaupun ada uang untuk disisihkan, mereka hanya punya uang receh. Kan malu ke bank menyetor seperti itu,” ungkap Darmianti.

Kerja sama antara Bank Bukopin dengan sekolah-sekolah yang mereka kunjungi diharapkan terus berlanjut. Seperti para guru SDN Pela Mampang 03 yang antusias dengan ajakan untuk para siswa mengunjungi kantor Bank Bukopin agar lebih mengenal dunia perbankan.

Tak kalah antusias, di tengah-tengah acara sosialisasi tim Bank Bukopin pun membagikan hadiah bagi para siswa yang bisa menjawab pertanyaan. Hadiah menarik juga diberikan kepada siswa yang membuka Tabungan Simpel. Acara ditutup dengan penyerahan plakat, penandatanganan perjanjian kerja sama dan penyerahan CSR. *

 

Tags: