Kinaryosih: Apa Saja Aku Makan

Kinaryosih: Apa Saja Aku Makan

Dalam beberapa unggahan di Instagram, Kinaryosih tak malu menampakkan dirinya yang berkantong mata hitam dengan muka jerawatan dan badan membengkak. Apa saja dimakan tanpa berpantang. Apa yang terjadi?

 

Ada gadis cilik imut-imut nan menggemaskan yang bergelayut manja di gendongan Kinaryosih. Demi nutrisi bocah yang bernama Sierra Kinar Money itu pula, dia tak mau buru-buru diet.

”Karena bayiku masih minum ASI eksklusif, jadi pola makan semasa sebelum hamil nggak berlaku sama sekali. Apa aja aku makan agar ASI-nya banyak,” ujar wanita yang akrab disapa Kinar dengan derai tawa.

Namun karena sebentar lagi putrinya memasuki usia enam bulan, yang artinya mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), Kinar mulai berancang-ancang mengatur pola makannya lagi. Apalagi dia bersiap-siap kembali ke dunia hiburan. 

”Walau begitu, maunya tetap bisa kasih ASI eksklusif sampai dua tahun. Setidaknya sudah melewati enam bulan pertama yang full ASI saja,” terang Kinar.

Sebelum hamil dan melahirkan setiap pagi Kinar hanya makan buah. ”Kalau lagi pengin baru ganti dengan roti, isi selada ditambah keju non fat. Lalu untuk siang baru makan nasi. Biasa lauknya banyak, nasinya sedikit. Pokoknya banyakin sayur aja. Nah kalau malam aku nggak makan nasi,” urai wanita yang  juga sangat membatasi konsumsi makanan digoreng ini.

”Tapi satu kali harus ada cheating day, boleh makan apa aja. Biar badannya nggak terlalu bersih, jadi kalau kena junkfood nggak kaget, nggak sakit. Karena kalau sehat terus, nggak masuk yang berminyak, menurutku juga nggak bagus,” tambah Kinar.

Bagaimana dengan Olahraga?

Kinar bilang sebenarnya dia telah kembali berolahraga sejak bayinya memasuki usia dua bulan. Namun tentu saja frekuensinya tidak seberat sebelum dia hamil. 

”Lari pelan-pelan. Itu juga 20 menti aja, supaya nggak kaget. Yang penting sedikit demi sedikit mulai balik lagi ke rutinitas awal,” jelas wanita kelahiran 3 Maret 1979 ini.

Dulunya Kinar rutin berolahraga 3 kali dalam seminggu. Namun waktunya dibuat fleksibel mengikuti jadwal kerjanya.

”Pas syuting, seminggu 2 kali. Aku usahakan sekali seminggu harus ada cardio, itu untuk melatih jantung. Kayak lari atau bersepeda selama 45 menit, jangan distop,” papar ibunda Steven Lee Money, 5 tahun, dan Sheira Kinar Money, 5 bulan.

Selebihnya untuk menjaga performa Kinar rajin melakukan TRX, yoga dan pilates. Karena memiliki tingkat kesulitan yang besar, khusus olahraga tersebut, dia sengaja menggunakan jasa personal trainer.

”Ya, untuk pembentukan aku pilih TRX dan yoga. Karena kalau sudah semakin banyak usia, perlu sekali peregangan, kayak yoga dan pilates. Tapi sekali lagi semuanya menyesuaikan kondisiku saat ini. Karena operasi caesar, aku lakukan pelan-pelan saja,” urai Kinar.

Namun dari semua upayanya itu, yang utama bagi Kinar adalah terjaga kebugarannya. ”Karena aku merasa cantik kalau badanku fit. Jadi kalau aku rajin olahraga, makan yang benar dan tidur yang cukup sehingga aku merasa segar, saat itulah aku  merasa cantik. Jadi kecantikan itu bukan dari penampilan luar. Melainkan dari dalam. Sehat, segar, itu definisi cantik buat aku,” ucapnya.

Sisa 10 Kg

Kinar tak mengingkari prinsip di atas tak lepas dari keinginannya menjaga eksistensi di panggung akting. Namun bukan berarti tak menyadari kenyataan bahwa dirinya kini merupakan ibu dari dua anak pernikahannya dengan Brett Lee Money pada 2012.

Jikapun nanti aktif bekerja lagi, peraih Piala Citra Pemeran Pendukung Wanita Terbaik 2006 ini akan berusaha memilih pekerjaan yang tidak sampai membuatnya lalai terhadap kewajiban. ”Mungkin sampai setahun ke depan,  pekerjaan yang diambil adalah yang nggak terlalu lama meninggalkan anak. Seperti diminta jadi bintang tamu, masih aman lah,” katanya.

”Tapi kalau untuk main sinetron, FTV atau film mungkin belum. Aku masih mau menurunkan berat badan dulu. Masih sisa 10 kg lagi nih. Masih gendut banget kan, hahaha,” ujarnya sambil tergelak di sela acara peluncuran sebuah produk kecantikan belum lama ini.

Dengan pertimbangan di atas, Kinar terpaksa menolak beberapa tawaran kerja yang datang kepadanya. Alasan lainnya, dia ingin mencoba mengubah karakter yang melekat padanya.

”Selama ini aku selalu dapat peran perempuan yang tertindas dan nangis-nangis. Untuk sementara aku nggak mau dulu,” jelas pemeran Yulia dalam film Mendadak Dangdut ini.

Rupanya memainkan karakter wanita tertindas sangat menyiksa Kinar, baik secara batin maupun fisik. Selain ingin mengubah citra, dia sadar itu tak baik bagi dirinya.

”Karena sampai di rumah aku kan masih harus bergadang ngurusin bayiku. Kalau di tempat syuting sudah sedih, nangis-nangis, sampai rumah masih harus bangun tiap berapa jam sekali, kebayang lelahnya,” tutur Kinar.

Alasan itulah, sejak melahirkan anak kedua, Kinar berharap mendapat peran sebagai ibu modern. ”Jangan jadi ibu yang ditindas begitu. Biarin deh dibilang pilih-pilih peran. Aku memang lagi coba belokin karakterku. Tapi kecuali kalau misalnya layar lebar kan beda ya. Kalau cerita bagus, sutradara bagus, mau diapain aja sih aku oke,” pungkasnya.*

Teks: Dewi Muchtar   I   Foto: Instagram Kinaryosih