Menghilangkan Noda Kunyit Membandel

Menghilangkan Noda Kunyit Membandel

Jika memasak masakan Indonesia yang banyak menggunakan rempah, tentunya kunyit menjadi salah satu jenis rempah yang hampir tak mungkin ketinggalan. Sebab tak hanya aroma khasnya yang bisa memaksimalkan rasa masakan, tetapi warna kuning yang dihasilkan juga dapat membuat masakan Anda terlihat lebih menggugah.

Namun, warna kuning itu juga seringkali menjadi masalah. Jika sudah menempel pada peralatan masak Anda, dicuci dengan air dan sabun biasanya tak cukup untuk membersihkan warna kuning yang tertinggal secara maksimal.

Beberapa cara berikut bisa menjadi cara ampuh untuk membersihkan noda kuning akibat kunyit, yang melekat di peralatan masak Anda.

Sabun yang Mengandung Pemutih
Ganti sabun cuci piring Anda yang biasa dengan sabun cuci atau pembersih yang mengandung pemutih. Dalam pembersih yang mengandung pemutih ini terdapat zat yang ampuh menghilangkan noda melekat, jika dibandingkan dengan sabun biasa yang tidak mengandung pemutih.

Baking Soda
Bubuk putih ajaib ini juga ternyata bisa menjadi bahan pembersih ampuh untuk peralatan masak Anda. Untuk menghilangkan noda kunyit yang membandel, Anda bisa menyampur sekitar dua sendok makan baking soda dengan sedikit air, lalu lumuri pada permukaan peralatan masak yang ingin dibersihkan, sambil agak digosok-gosok. Bilas setelah didiamkan sekitar sepuluh menit. Noda kuning pun lenyap seketika!

--
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa