Pisau Dapur Anda Kurang Tajam?

Pisau Dapur Anda Kurang Tajam?

Sebagai salah satu perkakas utama di dapur Anda, pisau merupakan benda yang wajib memiliki performa maksimal dalam setiap kegiatan masak Anda di dapur. Tentunya akan sangat menjengkelkan jika pisau Anda tak lagi setajam saat baru dibeli.

Kegiatan memotong dan mengiris pun akan menjadi terhambat dan Anda mungkin akan memerlukan tenaga ekstra saat memotong bahan makanan yang keras. Nah, agar pisau Anda tetap tajam seperti baru beli, yuk rawat dengan beberapa cara berikut!

Bedakan Penggunaannya
Selama ini pisau di dapur Anda digunakan untuk memotong berbagai jenis bahan masakan? Mulai sekarang, Anda tidak boleh hanya punya satu pisau untuk semuanya. Bedakanlah pisau untuk memotong daging dengan pisau untuk memotong sayuran, atau bahan lainnya.

Pastikan Kering Setelah Digunakan
Setelah digunakan, pisau sebaiknya segera dicuci lalu dikeringkan. Kebiasaan menggeletakkan pisau begitu saja setelah menggunakannya akan membuat sisa-sisa makanan yang menempel di pisau, akan membuat pisau Anda jadi berkarat. Akibatnya, pisau pun akan jadi cepat tumpul.

Rutin Bersihkan dengan Air Lemon
Karat sebagai salah satu penyebab utama tumpulnya pisau Anda bisa dihindari dengan rajin membersihkan pisau dengan air perasan lemon, yang memang sudah terkenal ampuh menghilangkan karat.
Gunakan spons atau kain lap yang dicelup dalam air perasan lemon yang dicampur dengan air hangat, untuk menggosok permukaan pisau. Setelah itu jangan lupa bilas dan keringkan. Lakukan setidaknya seminggu atau dua minggu sekali, agar pisau Anda tetap oke.

Pastikan Alas Potong Datar
Alas potong atau talenan yang permukaannya tidak datar atau rata juga bisa menjadi penyebab pisau Anda jadi cepat tumpul. Jadi, pastikan untuk menggunakan talenan yang permukaannya rata saat hendak memotong bahan makanan, ya!


--
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa