Aplikasi Smartphone untuk Atur Keuangan

Aplikasi Smartphone untuk Atur Keuangan

Coba Anda perhatikan, dewasa ini, hampir tidak ada ya yang tidak menggunakan smartphone. Tak heran memang, karena kehadiran smartphone ternyata bisa mempermudah pekerjaan kita. Bahkan driver ojek online yang setia mengantar Anda ke mana pun juga mempunyai smartphone untuk mendukung pekerjaannya.

Berbagai aplikasi yang bisa Anda install di smartphone Anda, dengan beragam fungsi pun dengan deras bermunculan. Seolah tak ada yang tak bisa dilakukan di smartphone Anda. Tak terkecuali dalam hal keuangan, ternyata saat ini sudah banyak aplikasi keuangan yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan literasi keuangan Anda, serta membantu Anda mengelola keuangan. Nah, aplikasi apa sajakah itu?

WISE (Women Investment Series)
Dari namanya saja kita sudah bisa menebak yaa kalau aplikasi ini memang diperuntukkan untuk wanita. Aplikasi yang diluncurkan oleh Commonwealth Bank ini dibuat memang dengan tujuan meningkatkan pemahaman keuangan bagi wanita.
Selain desainnya yang cantik dengan nuansa merah muda, berbagai fitur dalam aplikasi ini pun sepertinya cukup bisa memenuhi kebutuhan para wanita dalam pemahaman dan pengelolaan keuangan. Salah satu fiturnya adalah Finance Tool yang bisa membantu pengguna untuk melacak daftar pengeluaran  dan pemasukan rutin. Selain itu ada juga fitur-fitur lain yang tak kalah menarik seperti tips keuangan, forum diskusi tentang perempuan, serta konten-konten yang berkaitan dengan fashion, kecantikan dan gaya hidup.

Wallet Story
Kalau aplikasi yang ini cocok untuk Anda yang membutuhkan aplikasi pengelola keuangan yang lebih advance. Pasalnya, aplikasi usungan Benzneststudios ini dapat membatu Anda mengelola keuangan, bukan hanya dari transaksi sehari-hari, tapi juga menentukan target pemasukan yang ingin ditabung, serta pengelolaan hutang.
Yang membuat aplikasi ini istimewa adalah adanya fitur untuk memasukkan foto untuk setiap transaksi yang dilakukan. Jadi, bagi Anda yang sering lupa memakai uangnya untuk apa saja, bisa sangat terbantu dengan aplikasi ini. Tak hanya itu, berbagai transaksi yang terjadi juga terangkum dalam sebuah grafik yang menarik, yang bisa Anda lihat dalam menu Chart.

Uangku
Tak kalah dengan aplikasi-aplikasi buatan luar negeri lainnya, ternyata ada loh aplikasi pengelola keuangan yang dibuat dan dikembangkan oleh anak Negeri. Yap, aplikasi Uangku ini merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi mereka yang lebih suka aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan, namun memiliki fitur yang tak kalah lengkap dengan aplikasi sejenis.
Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur pengeluaran sekaligus menentukan budget untuk menabung. Anda hanya perlu memasukkan jumlah pendapatan bulanan dan pengeluaran Anda sesuai kategori. Kemudian semua pengeluaran akan ditampilkan dalam bentuk pie chart, sehingga dapat diketahui pos pengeluaran mana yang selama ini menggerus gaji bulanan Anda.
Ada juga fitur Savings yang bisa membantu Anda merencanakan berapa besar budget yang bisa Anda alokasikan untuk ditabung. Jadi, siapa bilang mengurus ritme keuangan keluarga sulit? Dengan bantuan teknologi, Anda tak perlu lagi harus benar-benar mengerti seluk beluk membuat budgeting. Semua sudah lengkap di aplikasi digital dalam gadget di genggaman.

-----
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa