Berbedakah Financial Attitude Pria dan Wanita?

Berbedakah Financial Attitude Pria dan Wanita?

Pingkan Cyntia Belinda Rumodor, S.Psi.,M.Psi, Psikolog, mengungkapkan bahwa dari segi psikologis, terdapat perbedaan sikap finansial (financial attitude) antara pria dan wanita. Apa sajakah itu?


FINANCIAL ATTITUDE PRIA

Uang sebagai power
Bagi pria, uang dapat menjadi simbol power atau kekuatan. Pada umumnya, dalam keluarga, pria berperan sebagai kepala rumah tangga dan pencari nafkah. Perannya sebagai pencari nafkah itu membuat pria menganggap uang sebagai simbol kekuatan, yang menjadikannya merasa punya kuasa atas uangnya itu.

Cenderung lebih obsesif dengan uang
Apalagi jika sudah berkeluarga, perasaan memiliki tanggung jawab pada istri dan anak dapat membuat pria semakin lebih obsesif dalam mencari uang.

Cenderung lebih mampu melakukan pengelolaan uang
Pada umumnya, pria lebih mampu melakukan pengelolaan keuangan, karena dari segi psikologis, pria lebih sering menggunakan logika dibandingkan dengan wanita, juga dalam hal melakukan pengelolaan keuangan.

 

FINANCIAL ATTITUDE WANITA

Emotional attachment
Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa wanita lebih cenderung menggunakan perasaannya dalam hal apapun, jika dibandingkan dengan pria. Dalam hal keuangan pun demikian, terkadang saat merasa stress, banyak wanita yang memilih untuk shopping untuk memperbaiki mood-nya.

Cenderung lebih impulsif dalam penggunaan uang
Karena cenderung selalu menggunakan perasaan, maka wanita juga lebih impulsif dalam menggunakan uangnya, berubah-ubah sesuai mood. Adanya fase-fase pra menstruacy syndrome (PMS), yang menyebabkan terjadinya mood swing pada wanita, dapat berpengaruh pada bagaimana ia menghabiskan uangnya.

Cenderung lebih sulit dalam melakukan pengelolaan keuangan
Terutama pada wanita yang hobi menghilangkan stress dengan shopping, tentunya akan membuatnya lebih sulit melakukan pengelolaan keuangan, jika dibandingkan dengan pria yang cenderung selalu menggunakan logika.

------
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa