Nostalgia Produksi Ulang Gadget Retro

 Nostalgia Produksi Ulang Gadget Retro

Jika lahir tahun 90-an, pasti banyak sekali gadget lawas yang dulu popular di zaman Anda. Bukan hanya handphone poliponik misalnya, tetapi gadget seperti kamera dan game box pun menjadi kesenangan yang sangat berarti. Kabar baiknya, beberapa gadget lawas kini diproduksi ulang dengan kualitas yang lebih baik.

Nokia 3310
Siapa yang masih ingat kalau dulu Nokia 3310 sangat popular sekali. Dengan warna dark grey yang chic, handphone ini sempat menjadi primadona di tahun 2000 silam. Pasti sebagian besar dari Anda sering bermain game snake di handphone ini.
Di awal 2017 kemarin, produksi ulang Nokia 3310 berhasil mencuri perhatian para penggemar gadget di seluruh dunia. Pada dasarnya Nokia 3310 versi modern ini terlihat hampir sama dengan versi originalnya. Bedanya, ponsel ini hadir dalam varian warna yang beragam, layar, dan bahkan ada penambahan kamera. Di Indonesia, Nokia 3310 'Reborn' sudah tersedia dan bisa dibeli dengan banderol Rp 650 ribu.

BlackBerry KeyOne
Selain Nokia, BlackBerry pernah menjadi hits sekitar tahun 2005-2010. Yang membuat BlackBerry kala itu menjadi booming, yaitu adanya aplikasi pesan singkat BBM, di mana sesama pengguna BlackBerry bisa berkirim pesan tanpa dikenakan pulsa. Ini yang membuat banyak orang beralih ke BBM dan meninggalkan SMS.
Untuk memberi kesan nostalgia, BlackBerry meluncurkan sebuah smartphone baru bernama BlackBerry KeyOne yang kembali mengusung keyboard qwerty. Ponsel berukuran 4,5 inci ini diperkenalkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 pada Februari lalu. Sayangnya, ponsel ini kemungkinan tidak akan hadir di Indonesia karena pemilik lisensi BlackBerry di Indonesia belum memberikan tanda-tanda akan memboyong ponsel tersebut ke sini.

NES Classic dan SNES Classic
Sebelum Anda tergila-gila dengan playstation dan virtual game lainnya, masa muda Anda pasti pernah dihabiskan dengan bermain Nintendo bersama kawan-kawan sepulang sekolah. Tahun lalu, konsol video game lawas Nintendo Entertainment System (NES) Classic hadir kembali di pasaran. Banyak yang menginginkan konsol ini, tapi tidak terwujud karena ketersediaannya yang sangat terbatas.
Tak berhenti sampai di situ, Nintendo ingin melanjutkan sukses lewat perangkat itu dengan merilis Super Nintendo Entertainment System (SNES) versi mini yang diberi nama SNES Classic Edition. Konsol game ini akan berfungsi serupa dengan NES Classic dan bisa dipakai untuk bermain game retro di televisi berdefinisi tinggi berkat keberadaan koneksi HDMI. Sementara dari sisi bentuknya, SNES Classic dikemas kompak seukuran telapak tangan. Konsol ini baru akan dirilis ke pasar pada 29 September dan dijual dengan harga 80 dolar AS atau sekitar Rp 1 juta.

Atari Box
Atari telah kembali. Langkah mereka ini diungkapkan lewat konsol terbaru yang diberi nama Ataribox. Konsol ini memiliki desain eksterior yang mirip dengan konsol klasik Atari 2600. Dalam konsol ini pemain bisa merasakan kembali konten game klasik dari Atari, termasuk yang terbaru. Tapi, belum ada informasi pasti mengenai apa saja game yang dibawa ke Atari Box nantinya.

Fujifilm X100F
Fujifilm merilis kamera barunya yang merupakan generasi keempat dari lini X100 pada Januari lalu, yakni X100F. Kamera ini memiliki desain yang klasik, tapi spesifikasinya canggih. Fujifilm X100F dibekali sensor baru, WiFi, dan juga processor yang lebih cepat untuk membuat performa perangkat yang terlihat klasik itu menjadi kencang dan kuat. Untuk memiliki kamera klasik nan canggih ini tak mudah karena harganya cukup mahal. Fujifilm X100F dibanderol 1299 dolar AS atau sekitar Rp 17 juta.

-----
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa