Naila Novaranti, Pelatih Terjun Payung di 46 Negara

Naila Novaranti, Pelatih Terjun Payung di 46 Negara

Selama ini Indonesia terkenal dengan keindahan alam, darat dan lautnya. Namun belum banyak yang tahu bahwa Indonesia juga memiliki objek wisata udara yang tak kalah menarik. Itulah yang mengusik Naila Novaranti, pelatih terjun payung di 46 negara.

 

Naila Novaranti, pelatih terjun payung asal Indonesia yang memiliki reputasi sebagai pelatih terjun payung di 46 negara di dunia. Dia tergerak untuk memperkenalkan sejumlah objek wisata udara di Indonesia ini.

Naila mengatakan Indonesia memiliki banyak objek wisata udara yang tak kalah indah dengan objek wisata di beberapa negara lainnya. “Salah satunya Nusawiru di Jawa Barat sudah menjadi objek wisata udara untuk umum. Untuk peralatan dan keahlian para pemandu skydiving di Nusawiru sudah memenuhi standar internasional,” katanya pada temu media WTP Forum di Jakarta, baru-baru ini.

Naila mulai serius menekuni olahraga skydiving ini sejak 7 tahun terakhir. Tepatnya ketika dia bekerja pada sebuah perusahaan parasut di Amerika. Selanjutnya sudah pasti, pekerjaan menuntutnya untuk dapat menguasai keahlian di bidang olahraga yang memacu adrenalin ini.

“Ya di Amerika sana terjun payung itu sudah suatu hal yang biasa. Siapapun orangnya sampai usia 80 tahun pun bisa loncat. Walaupun di awalnya saya takut untuk terjun, tapi saya memberanikan diri,” kenang Naila, sambil tersenyum.

Karena lingkungan pekerjaannya sangat mendukung, lantas Naila pun secara serius belajar mengenai teknik-teknik terjung payung mulai dari tingkat dasar hingga mahir di sebuah sekolah terjun payung di Amerika. Dari aktivitas terjun payung untuk memenuhi tuntutan pekerjaan dan sekedar fun, dia mulai ketagihan dan tertantang untuk menekuninya lebih serius lagi.

“Ternyata dari sisi pendapatan , sebagai penerjun payung professional itu sangat menjanjikan lho. Dari situ saya mulai membentuk tim. Sampai akhirnya terbentuklah tim Simba yang formasinya terdiri dari 4 orang. Disana hanya saya sendiri yang wanita,” tutur Naila.

Hebatnya, meski satu-satunya wanita dan berkebangsaan Indonesia di timnya, Naila pemegang kendali terhadap 3 koleganya di tim Simba. Terbukti seluruh tim sepakat memasang emblem bendera merah putih pada seragam terjun payung mereka.

Kini dalam satu bulan setidaknya Naila melakukan latihan  terjun payung sebanyak 50 kali bersama timnya. “Kebanyakan saya berlatih di Amerika. Selebihnya saya banyak memberikan pelatihan terjun payung  untuk pasukan militer  di seluruh dunia, termasuk Indonesia,”  tuturnya, bangga.

Wisata Indonesia Level Dunia

Karena prestasinya tersebut, baru-baru ini World Tourism Park Foundation (WTPForum) mendapuk Naila sebagai Duta Wisata Udara. WTPForum sebelumnya juga telah menunjuk artis Nadine Chadrawinata sebagai Duta Bahari dan desainer muda Lenny Agustin menjadi Duta Wisata Fashion. Keduanya dinilai  kontribusi besar di bidangnya masing-masing.  

Sebutnya Nadine sejak lama mempromosikan keindahan alam bahari Indonesia dan Lenny sangat peduli terhadap pelestarian dan pengembangan kain tradisional di Indonesia.

Menurut CEO WTPFoundation, Daniel Komendong, Naila dan Lenny sangat sesuai dengan bidang yang diinginkan oleh WTPFoundation. "Naila Novaranti sendiri  berprofesi sebagai pelatin terjun payung di 46 negara di dunia. Disamping itu beliau juga merupakan satu-satunya atlet skydive milik Indonesia yang memiliki reputasi internasional,” jelasnya.

Selain Naila, Nadine dan Lenny, WTPFoundation masih akan menjaring  8 tokoh Indonesia lagi  sebagai duta wisata yang meliputi kategori wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata agro,  wisata belanja dan wisata mice.

Sejumlah nama selebriti disebut-sebut akan dipilih mewakili kategori tersebut. Sebut saja yang santer terdengar adalah Dian Sastrowardoyo dan Olga Lidya.

“Masing-masing duta wisata WTPFoundation tentunya memiliki misi untuk memajukan seluruh industri wisata di Indonesia agar memiliki level dunia. Sehingga bisa bersaing dengan produk wisata lainnya di dunia. Kami berharap berharap sebelum WTPForum resmi diselenggarakan pada November mendatang, para duta wisata tersebut sudah lengkap dan resmi terbentuk,” lanjut Daniel .

WTPForum adalah sebuah forum tahunan di kawasan taman wisata dunia yang tujuannya menyatukan visi dari seluruh masyarakat di dalam kawasan tersebut. Selanjutnya mereka diharapkan  dapat bersatu dan bergotong royong dalam membangun sekaligus mempromosikan kawasan tersebut hingga keseluruh dunia sebagai satu-satunya kawasan wisata terlengkap dan terbesar di dunia.

Foto: Dewi Muchtar, Dokpri

naila novaranti, duta wisata udara, skydive, skydiving, atlet terjun payung asal indonesia, World Tourism Park (WTPFoundation) ,Daniel Komendong, Lenny Agustin

Artikel Terkait

Comments