Berkompromi dengan Depresi

Ketika Kita Depresi dan Butuh Curhat

Ketika Kita Depresi dan Butuh Curhat

Ada kalanya kita mengalami tanda-tanda depresi dan membutuhkan tempat untuk curhat. Apa yang harus kita lakukan?

 

Pilih teman yang bisa dipercaya. Katakan padanya, ”Saya butuh cerita. Kamu punya waktu berapa lama?” Ini perlu untuk menghindari kekecewaan apabila teman tidak menaruh perhatian atau untuk menghindari respons sekadarnya.

Selain curhat, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi potensi mengalami depresi. Salah satunya mengurangi rasa bosan yang bisa menjadi pemicu.

Untuk mencegah kebosanan, lakukan di antaranya:

1. Duduk, minum sesuatu, atur napas

2. Menulis dalam buku harian

3. Jalan kaki di sekitar rumah, atau mencari jalan yang belum pernah dilewati sebelumnya ketika berangkat ke kantor atau kampus

4. Menghayati sesuatu tanpa menilai. Misalnya mendengar suara burung tanpa mengatakan suaranya jelek. Stres berasal dari masa lalu dan masa depan. Dengan kembali ke masa kini, saat ini, sekarang juga, akan mengendalikan stres dan kembali pada keadaan normal

5. Jalan-jalan bersama teman

6. Mandi air hangat. Penelitian mengatakan mandi air hangat membantu rileks dan bisa tidur

7. Satu jam sebelum tidur jangan membuka telepon genggam. Menggunakan telepon genggam sebelum tidur mengurangi kualitas tidur, berpengaruh pada kesehatan mental. *

Teks: Siti Afifiyah   I   Foto: pixabay