Apa Sih Air Abu?

Apa Sih Air Abu?

Anda pecinta bakso, mi ayam, atau hidangan lain yang terbuat dari mi basah? Pernahkah terpikir mengapa mi basah, yang memiliki kadar air yang tinggi, bisa tetap dalam keadaan fresh meskipun disimpan dalam suhu ruang?

Mungkin ada banyak dari Anda yang belum tahu bahwa ternyata mi basah yang biasa Anda santap bersama bakso favorit, mengandung bahan tambahan yang membuatnya tetap kenyal dan awet. Bahan tambahan itu adalah air abu.

Menurut Yulizar dkk. dalam Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor, air abu atau air alkali dan sering disebut dengan istiliah garam alkali merupakan zat aditif atau bahan tambahan pangan yang sering digunakan dalam pembuatan mi, ketupat, lontong, dan bakcang.

Fungsi air abu ini adalah untuk membuat tekstur makanan menjadi kenyal dan lebih awet. Mi basang memiliki kadar air yang cukup tinggi dengan daya awet yang rendah. Oleh karena itu jika tidak ditambahkan zat pengawet seperti air abu ini, mi akan cepat busuk. Itulah mengapa air abu sering sekali digunakan oleh para produsen mi untuk membuat mi lebih tahan lama.

Berbahayakah?

Segala sesuatu yang bersifat “terlalu”, tentunya tidaklah baik. Begitu pula dengan air abu. Sebagai zat aditif, tentu saja air abu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi terus-menerus.
Mungkin saja efek yang ditimbulkan tidak akan terlihat dalam jangka pendek. Namun Anda harus waspada efek yang mungkin saja timbul dalam jangka panjang. Bukan tidak mungkin penyakit berbahaya mengintai tubuh Anda.


-----------
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa