Challenge Sosmed Paling Berbahaya

Challenge Sosmed Paling Berbahaya

Masih ingat kan dengan berbagai challenge yang sempat booming di Indonesia. Mulai dari ice bucket challenge sampai skip challenge yang secara medis dinyatakan berbahaya untuk dilakukan. Berikut ini adalah challenge dengan risiko paling berbahaya yang pernah dibuat. Beberapa malah ada yang sempat masuk juga di Indonesia.

Cinnamon Challenge
Tujuan dari permainan ini adalah mencoba memakan satu sendok kayu manis bubuk dengan sekali telan. Hal ini tentu tidak mungkin untuk dilakukan. Aroma yang menyengat dan tekstur kayu manis yang kasar dapat membuat sistem pencernaan dan pernafasan tersedak karena terlalu banyak bubuk yang masuk. Viralnya challenge ini menyebabkan sebuah kasus kematian dari seorang anak berusia 4 tahun yang mengalami sesak nafas karena mencoba melakukan cinnamon challenge.

Banana Peel Challenge
Viral pada awal tahun 2016, banana peel challenge terinspirasi dari salah satu adegan yang populer dari film kartun, di mana tokoh kartun seringkali jatuh karena terpeleset karena kulit pisang. Dari konsep ini, banyak orang yang melakukan aksi sengaja jalan di atas kulit pisang untuk membuktikan hal tersebut. Hasilnya tentu benar, banyak orang yang jatuh terpeleset dan tidak sedikit orang yang cedera karena terjatuh ke arah yang tidak terduga.

Duct Tape Challenge
Challenge ini populer dari berbagai video prank di Youtube. Remaja mengikat temannya di sebuah kursi dengan balutan lakban yang sangat erat. Kemudian mereka merekam reaksi korban berusaha untuk melepaskan dirinya.

Ice Bucket Challenge
Ice bucket challenge menjadi jenis challenge paling populer di tahun 2014. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga selebritas melakukan challenge ini. Seseorang menyiramkan seember air dan es yang sangat dingin pada diri sendiri, sebagai bentuk gerakan amal bagi para penderita penyakit ALS, semacam penyakit yang menyerang sistem motorik manusia.

Skip Challenge
Populer di kalangan anak sekolah, challenge ini dilakukan dengan menekan dada sekencang-kencangnya selama beberapa waktu. Tujuannya supaya kita kehilangan kesadaran atau pingsan. Banyak remaja yang menganggap tantangan ini menegangkan dan menantang. Padahal skip challenge bisa menyebabkan kejang, kerusakan sel otak, dan kematian.

------
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa