Biji Chia Menekan Nafsu Makan

Biji Chia Menekan Nafsu Makan

Biji-bijian memang salah satu makanan yang dianjurkan untuk melancarkan pola hidup clean eating. Tetapi, apa sebenarnya biji chia itu?

Salah satu biji-bijian yang populer di Amerika dan Australia adalah biji Chia. Chia mulai mendapatkan perhatian lagi dari komunitas riset dan kesehatan dunia, karena memiliki manfaat yang sangat besar seperti memiliki kandungan dietary fiber atau serat yang tinggi, omega-3 yang 8 kali lebih besar daripada salmon, 3 kali lipat kalsium lebih banyak dibandingkan susu skim, antioksidan yang lebih tinggi daripada blueberry dan lain-lain.

Manfaat lain yang bisa dirasakan langsung setelah mengonsumsi biji Chia adalah rasa kenyang yang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil dan juga lebih berenergi.

Biji Chia ini bisa ditaburkan ke dalam banyak jenis makanan atau minuman seperti sereal, yogurt, jus, smoothies, sup, salad dan lain-lain, karena nyaris tidak memiliki rasa. Jika dicampur dengan cairan, maka teksturnya akan berubah seperti gel. Yang perlu diperhatikan adalah karena biji Chia dapat menyerap cairan 9-12 kali lebih banyak daripada berat biji tersebut di dalam air, maka pastikan diri kita mengonsumsi minimal 2 liter air per hari.


------
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa