Bersihkan Tubuh dengan Clean Eating

Bersihkan Tubuh dengan Clean Eating

Setelah melewati Lebaran selama satu minggu, sudah saatnya Anda kembali lagi ke pola hidup sehat. Mungkin bisa dimulai dengan memulai gaya makan yang sehat, dengan memilih makanan yang lebih alami dan segar. Yuk, saatnya mulai clean eating.

You are what you eat adalah slogan yang mungkin terdengar cukup familiar di telinga banyak orang. Slogan tersebut bisa diartikan bahwa untuk menjadi sehat dan fit, maka Anda harus memperhatikan makanan dan minuman apa yang dikonsumsi.

Di negara Barat sendiri, gaya hidup clean eating sudah populer sejak beberapa tahun terakhir. Konon, pola makan ini bisa menjadi ‘pil ajaib’ yang mampu menumpas beragam penyakit dari tubuh Anda.

Seorang ahli nutrisi dan diet yang berasal dari New York, Rachel Knopf Shey, mengatakan, clean eating juga bisa berarti mencari langsung ke pemasok awal makanan. Ini artinya membeli makanan yang organik yang menghindari penggunaan pestisida atau menghindari membeli daging dari peternakan besar yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya sehingga hewan ternak diberi suntik hormon.

“Dalam clean eating, seseorang diharuskan mengonsumsi makanan yang alami, sebisa mungkin tanpa proses masak yang lama. Mengurangi kadar garam, gula, minyak, makanan berlemak dan perbanyak konsumsi sayur dan buah segar. Bahan lain seperti protein tetap dikonsumsi, dengan proses yang sehat seperti kukus, rebus dan panggang,” ujarnya.

Saat baru memulai clean eating, Rachel memberikan gambaran tidak akan terlalu mengubah pola makan dengan drastis. “Mulailah dengan berhenti makan junk food. Di beberapa minggu pertama, jika Anda belum bisa terlepas dari nasi putih atau roti, masih diperbolehkan untuk mengonsumsinya, namun dengan takaran yang sudah dikurangi. Nanti secara perlahan, ganti dengan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah dan roti gandum,” ungkap Rachel.

------
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa