Rumah Bergaya Pantai

Rumah Bergaya Pantai

Bagi Anda yang liburan kemarin tidak sempat merasakan jalan-jalan yang panjang dengan keluarga, mungkin ada baiknya untuk membuat suasana liburan di rumah dengan mengubah beberapa konsep dekor. Bagaimana jika Anda mencoba gaya beach house, atau rumah pantai?
    
Anda ingat tidak, bagaimana catchy-nya rumah Kim Tan yang berada di pinggir pantai dalam drama Korea The Heirs. Memang tidak harus memiliki rumah di pinggir pantai untuk bisa mendapatkan suasana tersebut. Beberapa aksen dan aksesori mungkin bisa Anda contek dari dekorasi rumahnya. Kira-kira, apa saja yang bisa membuat hunian Anda serasa berada di pinggir pantai, ya?

Biru dan Putih
Agar tidak repot mengubah dekor, bermainlah pada warna yang menggambarkan pantai. Biru dan putih sudah cukup mewakili suasana laut yang segar serta pasir yang bersih. Tetapi teknik mengecat warna pun perlu diperhatikan. Buatlah aksen yang bisa membuat mata Anda langsung bisa membayangkan sedang berada di pantai.
Misalnya, berikan warna biru dengan coretan kuas bergelombang pada sisi bawah tembok. Atau jika ingin lebih artistik, beranikan cat tembok Anda dengan gradasi warna biru laut dan langit. Pasti kesegaran akan segera di dapat.

Material Natural
Namanya juga nuansa alam, pastinya beberapa aksen juga harus dibuat dari bahan natural. Coba ganti karpet beludru Anda dengan karpet rami. Atau berikan bingkai pada kaca besar Anda berupa pahatan kayu yang terkesan unfinished. Kayu halus berwarna putih atau cokelat yang sudah terlihat tua adalah tampilan yang cocok untuk kesan pantai. Beberapa sentuhan tali atau bola pantai juga dapat menambah daya tarik yang ringan sesuai dengan konsep.

Tanpa Sekat
Tentunya tidak enak kan melihat ruangan di rumah Anda penuh sesak dengan barang-barang dan tersekat sana-sini. Sudah waktunya membuat garage sale untuk mendapat dana tambahan dan membeli aksesori pantai yang diperlukan. Ruangan luas adalah salah satu ciri rumah pantai. Berikan satu kursi pantai yang berada di sudut ruang, lalu cobalah rebahan santai ala anak pantai. Jangan lupa untuk menikmati es kelapa dingin dan aneka buah-buahan tropis segar agar rileksasi semakin terasa.

Hiasan Pantai
Ini adalah detail kecil yang cukup krusial. Letakkan beberapa aksesori yang menggambarkan pantai, seperti kerang-kerang kecil yang diletakkan di atas meja, atau menjadi penghias bingkai foto. Lalu gantungkan ban pantai di dekat jendela besar dan beberapa pajangan perahu dalam botol pasir yang diletakkan di meja utama. Ingat ya, tidak semua aksesori perlu diletakkan di semua ruangan. Hanya di ruangan terpilih saja yang Anda ubah menjadi tema beach house.

Peralatan Makan
Mungkin menurut Anda cukup sulit membuat nuansa pantai di ruang makan. Padahal dengan sedikit trik, ruang makan pun bisa kebagian sentuhan ini. Cara sederhananya adalah dengan mengganti peralatan makan dengan motif laut. Untuk kursi, ganti kain pelapis dengan warna biru muda serta letakkan juga beberapa hiasan jangkat dan pajangan ikan di tembok. Indah, bukan?

-------------
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa