Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Mata

Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Mata

Seperti bagian tubuh lainnya, mata membutuhkan nutrisi yang baik. Disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan beta-karoten. Kandungan vitamin A yang baik ada pada buah apel, pepaya, tomat, brokoli, dan wortel. Namun selain asupan makanan, ada beberapa kebiasaan baik yang perlu diterapkan untuk menjaga kondisi mata tetap optimal. Berikut ini kebiasaan baik yang perlu diperhatikan untuk kesehatan mata.

Berhenti Menggaruk Mata

Kebiasaan menggaruk mata membuat kondisi mata memburuk. Rasa gatal pada mata umumnya dipicu oleh mata yang kering atau terkena iritasi. Untuk mengatasi mata yang kering gunakan eyes drop atau cukup percikan air bersih pada mata. Hal ini membantu membersihkan mata secara alami dan mencegah kotoran masuk ke mata.

Alihkan Pandangan Dari Layar Monitor

Ketika bekerja Anda terbiasa menatap layar monitor terus menerus. Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dengan mengalihkan pandangan ke arah lain. Anda juga dapat menutup mata selama beberapa menit. Untuk kenyamanan, sebaiknya atur cahaya layar komputer agar lebih redup untuk menghindari iritasi mata.

Lakukan Tes Secara Teratur

Melakukan tes mata secara teratur dapat membantu Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan secara berkala. Hal ini baik untuk mencegah masalah kesehatan mata seperti katarak, degenerasi dan glaukoma.

Gunakan Kacamata Pelindung

Menggunakan sun glasses atau kacamata dengan lensa yang terpolarisasi sangat disarankan, apalagi bagi Anda yang memiliki banyak aktifitas luar ruang. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

 

Teks: Tryas Ow