Menata Dapur Agar Lebih Ramah Anak

Menata Dapur Agar Lebih Ramah Anak

Mempunyai rumah yang ramah anak tentu idaman semua orang tua. Namun banyak orang tua yang kurang memperhitungkan penataan ruangan yang ramah anak, khususnya pada bagian dapur. Padahal ketika anak-anak berada di dapur, mereka tidak hanya sekadar bermain, tetapi dapat belajar mengenal masakan hingga mempelajari  pentingnya kehigienisan makanan. Untuk menata ulang dapur agar lebih aman bagi anak, berikut ini 5 faktor yang perlu diperhatikan.

Perhatikan letak perangkat penghantar panas

Perangkat masak seperti kompor, microvawe, oven, hingga dispenser air cukup berisiko bagi anak. Tempatkan perangkat yang dapat menghantarkan panas pada posisi yang sulit dijangkau oleh anak.  Anda juga harus peka terhadap gerak gerik anak di dapur. Jika perlu posisikan anak untuk duduk di highchair atau tempatkan pada pagar penjaga seperti playpen agar anak tetap aman berada di dalamnya.

Untuk anak berusia 2 tahun lebih, Anda dapat mengajari anak untuk tidak menyentuh perabotan dapur yang panas seperti kompor dan oven. Ketika meletakkan wajan atau panci, pastikan peganganya tidak menghadap keluar yang dapat memudahkan anak untuk mengambilnya. Periksa keadaan sekitar sebelum membuka oven.

Pilih perabotan yang ramah anak

Anak usia dini biasanya senang memanjat perabotan dan kursi yang tinggi di dapur. Pastikan memilih desain perabotan yang ramah anak dan pilihlah lantai yang tidak licin. Pastikan juga tidak menaruh benda-benda berat di meja atau di tempat-tempat yang dapat dijangkau anak. Selain itu, penempatan kabel pada dapur juga harus diperhatikan untuk mencegah risiko anak terpeleset atau tersangkut hingga jatuh. Hindari juga pengunaan taplak meja yang terlalu panjang karena dapat berpotensi ditarik oleh anak-anak. Jika meja makan berbentuk kotak, pasang pengaman di setiap sudutnya untuk menghindari  terbentur.

Simpan bahan-bahan masak yang berbahaya

Anak-anak senang bereskplorasi dengan memasukkan barang ke dalam mulutnya. Sebuah benda kecil dapat membuat anak tersedak. Pastikan anda menyimpan bahan masakan seperti bubuk merica, soda kue, atau lada di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak.

Simpan benda tajam dalam rak terkunci

Peralatan masak yang tajam seperti pisau dan gunting harus ditempatkan pada rak terkunci. Selain itu jika masih memiliki anak usia dini, sebaiknya Tidak meletakkan piring-gelas mudah pecah di meja makan jika waktu makan belum tiba.

Amankan kompor dan tabung gas

Anak-anak harus diajarkan untuk menghindari area kompor jika tidak dalam dampingan orang tua. Selain itu pasang stove guard and knob covers pada kompor. Disarankan juga untuk meletakkan tabung di tempat tertutup yang sulit dijangkau anak-anak. Yang terpenting, Siapkan kotak P3K dan alat pemadam kebakaran pada lokasi yang mudah dijangkau.

 

Teks: Tryas Ow