Memilih Meja Makan yang Sesuai Ruang makan Anda

Memilih Meja Makan yang Sesuai Ruang makan Anda

Meja makan pada ruang makan memiliki peran penting di rumah. Sebab ruang makan yang hangat dan nyaman akan membangun nuansa kekeluargaan yang membuat betah penghuni rumah. Untuk itu dalam memilih meja, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor yang dapat memengaruhi kenyamanan dalam ruang makan.

 

Persegi atau Bujur Sangkar

Meja makan dengan bentuk persegi cocok untuk keluarga kecil yang memiliki ruang makan yang terbatas. Bentuknya yang sederhana, membuat meja bujur sangkar cocok diletakkan di ruangan mungil. Ukuran yang sama di setiap sisi, membikin bentuk meja ini mampu menghadirkan keakraban. Sebaliknya, hindari menggunakan meja bujur sangkar di ruangan panjang, karena akan terlihat janggal.

-----------

 

Persegi Panjang

Meja makan berbentuk persegi panjang paling banyak ditemui dipasaran. Meja makan dengan bentuk seperti ini sangat cocok untuk ruangan memanjang. Selain akan terlihat lebih seimbang, meja ini juga mampu menampung lebih banyak orang. Meja makan persegi juga terkesan lebih fungsional, karena bentuknya yang menyudut.

------------------------------

 

Elips atau Oval

Ruang makan yang luas cocok menggunakan meja makan berbentuk bunda atau elips. Dengan meja berbentuk  elips, suasana bersantap bersama menjadi lebih hangat, karena sifatnya yang memusat. Hanya saja, bentuk elips lebih terkesan informal dibandingkan lingkaran.

-----------------------

 

Lingkaran

Meja berbentuk lingkaran adalah meja dengan permukaan bentuk lingkaran sempurna. Tidak ada sisi dari meja sehingga sudut yang lancip tidak akan ditemui. Meja jenis ini sangat cocok diletakkan di dekat dapur dan digunakan sebagai tempat menyajikan makanan. Bagian tengah dari meja cukup lebar, namun semua orang yang ada di sekelilingnya memiliki akses yang sama untuk mendapatkan hidangan. Meja ini dapat membangun suasana makan yang lebih akrab.

-----------------------------

Selain memilih berdasarkan bentuk, perhatikan juga material meja serta konsep meja makan tersebut, apakah cocok dengan konsep hunian Anda. Misalnya, hunian bergaya minimalis kurang cocok diisi dengan meja makan bernuansa klasik yang memiliki banyak ukiran atau ornamen.

 

Teks: Tryas Ow