Kesalahan menyimpan makanan di kulkas saat Liburan

Kesalahan menyimpan makanan di kulkas saat Liburan

Makanan yang layu atau tidak layak di konsumsi sering didapati saat saat pergi berlibur untuk beberapa waktu. Menaruh makanan di kulkas dengan cara yang salah membuat kualitas makanan lebih cepat menurun. Bahkan kesalahan menyimpan makanan dapat menyebabkan keracunan makanan akibat kontaminasi bakteri.

Kesalahan menyimpan makanan di kulkas juga terjadi karena kesalahan pemahaman, seperti anggapan bahwa semua bakteri akan mati jika ditaruh di kulkas hingga daging tidak akan menurun kualitasnya jika disimpan dalam freezer. Untuk menghindari hal itu, berikut ini tips yang perlu diperhatikan dalam menyimpan makanan di kulkas.

Atur Suhu yang Tepat

Aturlah suhu udara refrigerator setidaknya 1 derajat celcius lebih rendah daripada suhu yang diinginkan. Misalnya, jika menyimpan daging unggas disarankan agar ditaruh pada suhu 5 derajat celcius. Maka suhu udara dalam refrigerator minimal harus 4 derajat celcius.

Hindari Mencampur Makanan di Kulkas

Makanan matang dan mentah sebaiknya tidak dicampur dalam satu rak. Sebaiknya taruh makanan siap saji dan makanan matang pada bagian atas sementara pada  bagian bawah dikhususkan untuk menaruh daging segar utuh seperti ikan dan daging sapi. Untuk irisan daging yang masih meneteskan air, sebaiknya ditaruh di rak paling bawah agar tidak mengkontaminasi makanan lain. Anda juga dapat membungkus potongan daging untuk meredam aroma.

Jangan Masukan Semua makanan di Kulkas

tidak semua jenis makanan dapat disimpan di dalam kulkas. Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas karena dapat menyebabkan perubahan rasa atau menyebabkan bahan tersebut berjamur lebih cepat sehingga tidak aman dimakan. Beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas  yakni tomat, kentang, ubi, bawang-bawangan, roti, dan daun kemangi.

Jangan Menyimpan Makanan Terlalu Banyak

Menyimpan makanan terlalu banyak di lemari es. Hal ini membuat sirkulasi udara dan unit bekerja lebih keras untuk menjaga agar suhu tetap dingin. Simpan tiap bahan makanan pada rak penyimpanan yang benar sesuai jenisnya.

Beri Label Pada Makanan

Kesalahan umum yang sering dilakukan yakni tidak memberi label pada makanan yang akan disimpan dalam waktu lama. Hal ni membuat anda sering kehilangan makanan ketika isi lemari es sedang penuh. Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya tinggal membuat label yang bertuliskan nama makanan, tanggal membelinya, atau beberapa keterangan lainnya seperti waktu dan suhu yang harus ditepati saat memanaskan.

Bersihkan lemari es secara Berkala

Kulkas sering terlihat kotor lantaran genangan air akibat tetesan air, kuah, atau saus dari makanan. Kondisi yang lembab dan kotor inilah yang menyebabkan kulkas menjadi sumber bakteri, dan membuat rak makin sulit dibersihkan.Pastikan juga agar lemari es tetap dalam tetap bersih dan kering.

Apabila anda berniat bepergian ke luar kota selama dalam waktu lama, sebaiknya menghindari membeli makanan beku yang harus disimpan dalam lemari pendingin. Jika isi kulkas anda dapat disimpan pada suhu ruang.  Sebaiknya simpan barang-barang dari dalam kulkas, dan simpan di tempat lain. Kemudian, cabut stop kontak lemari es untuk menghemat listrik

 

Teks: Tryas Ow