Cemilan Khas Ramadan dari Timur Pulau Jawa

1

Jawa Timur punya segudang varian cemilan dengan berbagai citarasa yang khas dan lezat. Jika tahun Anda melakukan perjalanan mudik ke Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mencicipi berbagai kudapan nikmat dari wilayah timur pulau Jawa ini. Berikut ini daftar cemilan khas Jatim yang yang tersebar mulai dari Bojonegoro hingga Banyuwangi.

 

Kue Geti Tulung Agung

Sekilas, kue manis ini mirip dengan enting-enting. Kue ini terbuat dari kacang tanah dan wijen yang dimasukkan ke dalam larutan gula merah dan dimasak sampai kering. Kue geti memiliki bahan dasar kacang tanah, wijen, dan gula, membuat geti terasa gurih dan manis. Bedanya dengan enting-enting, geti tak terlalu manis karena campuran gulanya tak sebanyak enting-enting.

---------------------------------

Wingko babat Lamongan

Wingko babat Lamongan mungkin kalah pamor dengan Wingko semarang, namun sebenarnya kue legit berbahan dasar kelapa muda, tepung beras ketan dan gula ini berasal dari Babat, daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Wingko Semarang dan Wingko Lamongan mempunyai citarasa yang sama. Aroma kelapa yang dibakar dengan arang membuat aroma wingko lebih wangi dan nikmat.

-----------------------

Ledre Bojonegoro

Ledre berasal dari kabupaten di ujung Barat Jawa Timur,  Bojonegoro. Kue crispy ini yang dibuat dari tepung ketan, kelapa muda, air, garam, gula, dan bubuk vanili. Untuk tingkat ketebalan, kue ini memiliki dua varian yaitu mirip kerak telor dan ledre gulung mirip kue semprong. Kudapat ini biasanya dimakan dengan kelapa parut dan pisang raja.

---------------------------------

Onde-onde Mojokerto

Mojokerto terkenal dengan onde-ondenya yang padat dengan adonan kulit yang tidak terlalu tebal. Onde-onde bojonegoro . Kue berbentuk bulat ini terkenal dengan kulit luar yang  lebih renyah dengan taburan wijen yang banyak.

Kue Precet Banyuwangi

Kue precet Banyuwangi menjadi salah satu cemilan yang mulai langka. Jajanan pasar ini hanya bisa ditemui saat bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Cara membuatnya cukup mudah, pisang kepok sebagai bahan baku utama mulanya diolah dengan cara direbus. Selanjutnya, bahan yang sudah matang kemudian dicetak dengan cara menekan pisang dengan sebuah alat yang telah dilubangi sehingga bulir pisang akan terbentuk lunak memanjang.

-----------------------------------

Samosa Kampung Ampel

Cemilan khas timur tengah ini dapat ditemui di Kampung Ampel, Surabaya saat bulan Ramadan. Kudapan asal Timur Tengah dan India ini sekilas mirip pastel, bedanya, sambosa dibuat berbentuk segitiga dengan kulit yang lebih renyah. Di dalamnya Anda bisa menemukan cincangan daging ayam atau sapi, kentang dan sayuran lain yang dimasak dengan bumbu kari.

----------------------------------

 

 

Teks: Tryas Ow