Tips Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Tips Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Mudik ke kampung halaman dapat memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi si kecil.  Untuk menghindari anak mengalami mabuk perjalanan (motion sickness), Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Hal yang terlihat sederhana saja,  seperti posisi duduk anak, sirkulasi udara, hingga waktu makan.  Berikut ini beberapa tips mencegah mabuk perjalanan yang dikutip dari Raising Children.

Pilih posisi yang tepat
Untuk pemudik yang menggunakan mobil pribadi, sebaiknya tempatkan anak di tengah kabin yang minim mengalami goncangan. Sementara untuk yang menggunakan bus,  sebaiknya anak duduk di belakang sopir agar dapat melihat ke depan. Jika menggunakan kereta api, pilihlah kursi anak yang menghadap ke arah lokomotif dan tidak membelakangi arah laju kereta. Untuk moda pesawat terbang. mintalah tempat duduk di dekat tepi depan sayap.

Makan Dua Jam Sebelum Berangkat
Anak yang akan melakukan perjalanan jauh sebaiknya makan terlebih dahulu sebelum berangkat. Hindari makanan berminyak dan berlemak saat perjalanan. Siapkan juga cemilan ringan atau buah kegemaran anak yang dapat dikonsumsi sepanjang perjalanan.

Hindari ketegangan dan kecemasan
Perasaan gelisah dan tegang menjadi pemicu mabuk perjalanan. Minta anak  sesantai mungkin dan ketika ada tanda-tanda awal mabuk seperti wajah pucat dan pusing. Atur pernafasan anak dan minta memejamkan mata. Anda juga bisa mengalihkan perhatian anak dengan mengajaknya bernyanyi, mendengarkan dongeng, atau menonton film favoritnya.

Atur sirkulasi udara
Jika Anda menggunakan mobil pribadi, disarankan untuk mengatur suhu agar tidak terlalu dingin.  Atau putarlah AC ke posisi “cool” untuk memungkinkan udara beredar dengan cepat Selain itu, jika melewati daerah dengan udara sejuk, sempatkan membuka jendela agar sirkulasi udara lebih baik.

Minum Obat
Mabuk perjalanan bisa dicegah dengan meminum obat anti mabuk. Terlebih dahulu pastikan apakah obat tersebut cocok dengan usia anak . Letakan tisu basah, handuk kecil, dan baju ganti didekat anak untuk berjaga-jaga jika si kecil mendadak mabuk perjalanan dan muntah di jalan.

Lancarkan peredaran darah
Mengepal tangan dan melemaskan jemari tangan dan kaki berulang-ulang dapat melancarkan peredaran darah. Pijat jemari dan telapak tangan anak secara perlahan. Jika masih mengalami mabuk darat, disarankan untuk berhenti dan mengajak anak keluarga dari kendaraan untuk menghirup udara dan melemaskan otot.


Teks: Tryas Ow