Pekerjaan Yang Hanya Ada di Indonesia

Pekerjaan Yang Hanya Ada di Indonesia

Jika Anda perhatikan berbagai pekerjaan yang ada di seluruh belahan dunia, pasti memiliki risikonya sendiri-sendiri. Tetapi apakah Anda pernah sadar bahwa ada pekerjaan yang hanya dilakukan di Indonesia. Bahkan orang luar negeri pun terheran-heran dengan pekerjaan ini. Apa saja ya?

Tukang Permak Jeans
Pasti Anda sering melihat kan tukan permak jeans yang berkeliling di perumahan dengan menggunakan sepeda modifikasi yang di depannya telah dipasang alat jahit. Biasanya mereka akan menjajakan jasa permak jeans dari rumah ke rumah. Jadi jika Anda memiliki celana jeans yang terlalu panjang atau kebesaran, bisa langsung dibenarkan oleh mereka hanya dalam waktu satu sampai dua jam saja. Biayanya pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu rupiah saja.

Tukang Tukar Uang
Nah, biasanya menjelang Lebaran ini, banyak sekali profesi musiman seperti tukang tukar uang di terminal, stasiun, atau pinggir jalan tempat Anda tinggal. Tujuan mereka adalah menerima penukaran uang nominal besar seperti Rp 100 ribu menjadi pecahan Rp 10 ribu atau Rp 5 ribu. Hanya saja biasanya nilai tukarnya sudah dikurangi Rp 10 ribu sebagai bayar jasa. Dan harus berhati-hati, karena banyak beredar uang palsu.

Tukang Parkir
Profesi yang satu ini terbilang ajaib. Kadang suka menghilang entah ke mana, tapi saat mobil atau motor Anda hendak keluar, ia akan tiba-tiba muncul begitu saja. Di negara yang jumlah kendaraan bermotornya sudah menembus angka berjuta-juta unit, pekerjaan tukang parkir memang bisa dibilang pekerjaan yang lumayan menguntungkan.

Ojek Payung
Di saat hujan turun dengan lebatnya dan Anda terjebak di suatu tempat, halte busway, stasiun, atau bahkan mal, tidak usah khawatir untuk basah-basahan menuju kendaraan. Karena hampir di semua tempat umum yang ramai, ojek payung akan selalu ada. Mereka akan memayungi Anda sampai tempat tujuan dengan tarif Rp 5-10 ribu sekali jalan. Sayangnya, kebanyakan yang menjadi ojek payung adalah anak-anak jalanan usia sekolah.

Tukang Tambal Ban
Banyaknya pengguna sepeda motor di Indonesia juga membuat profesi ini tumbuh subur. Hampir ada di setiap jalan, tukang tambal ban terkadang menjadi pahlawan bagi para pengendara. Tetapi sudah menjadi rahasia umum, banyak tukan tambal ban yang culas dengan menebar paku di jalan agar banyak sepeda motor yang mengalami kebocoran ban.

Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa