Semarak Hari Raya

Ini Tandanya Jika Anda Terlalu Banyak Makan Manis

Ini Tandanya Jika Anda Terlalu Banyak Makan Manis

Hari raya di Indonesia identik dengan cemilan manis. Berbagai kue khas Lebaran dengan citarasa manis pasti tersaji di meja ruang tamu. Hangatnya suasana berkumpul dengan keluarga ataupun sahabat sering membuat lupa untuk membatasi asupan gula setiap harinya.

Terlalu banyak gula memang tak baik untuk kesehatan dan menyebabkan berbagai penyakit yang cukup serius. Berikut ini adalah beberapa tanda jelas kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi gula. Jika sudah merasakannya ada baiknya untuk segera membatasi asupan gula untuk tubuh.

Kekebalan Tubuh Menurun
Produk dengan pemanis umumnya berasal dari dekstrin, fruktosa, sorbitol, glukosa, sukrosa, atau maltosa. Terlalu banyak makanan manis mempengaruhi imunitas dan juga dapat mengganggu fungsi sel darah putih. Ketika kekebalan menurun, Anda akan jadi lebih sering sakit.

Sakit Kepala dan Kurang Berkonsentrasi
Mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak akan membuat sakit kepala. Hal itu disebabkan oleh aktivitas neurotransmitter di otak yang meningkat karena konsumsi gula berlebihan. Selain sakit kepala, hal ini juga dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi dan berfikir dengan jernih.

Sulit Mengecap Rasa lain
Rasa manis yang muncul dari mengonsumsi gula umumnya akan terasa lebih dominan dan mengganggu sensitivitas lidah. Hal ini membuat lidah sulit merasakan rasa lain selain manis sehingga sulit menikmati makanan.

Kecanduan Makanan Manis dan Cepat Merasa Lapar
Rasa tidak ingin berhenti mengudap makanan  manis kerap muncul jika Anda berlebihan memakan gula. Gula seperti candu yang bisa menyebabkan seseorang merasa ingin terus-menerus mengonsumsinya. Konsumsi gula juga menekan hormon leptin. Hormon ini bertugas memberi sinyal otak ketika anda merasa kenyang.

Gemuk
Inilah dampak yang paling ditakuti jika kelebihan mengonsumsi gula. Batas konsumsi gula, garam, dan lemak yang disarankan yakni 50 gram (4 sendok makan) gula, 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam (1 sendok teh), dan untuk lemak hanya 67 gram (5 sendok makan minyak). Kelebihan gula dalam tubuh akan ditimbun dalam bentuk lemak. Konsumsi gula yang terus menerus akan membuat lemak tubuh semakin bertambah dan meningkatkan berat badan.