Perbanyak Asupan Vit. C di Bulan Puasa

Perbanyak Asupan Vit. C di Bulan Puasa

Lazim terjadi ketika berpuasa, tubuh terasa cepat lelah dan lemas. Padahal berhenti mengonsumsi makanan selama kurang lebih 12 jam, jangan dijadikan alasan untuk tidak beraktivitas seperti biasanya. Mungkin, Anda membutuhkan asupan vitamin agar semangat puasa tetap terjaga.

Beberapa nutrisi penting yang harus Anda penuhi adalah karbohidrat, lemak sehat, dan protein. Tak ketinggalan, vitamin C pun dibutuhkan untuk mempersiapkan tubuh sebelum berpuasa. Vitamin C dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melindungi sel-sel dalam tubuh, serta bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

“Vitamin C di dalam tubuh secara optimal dan mengurangi bad mood, kelelahan, bahkan depresi. Vitamin C sangatlah penting untuk pengembangan dan fungsi sistem tubuh, seperti mengurangi kelelahan, memperbaiki imunitas dan meningkatkan pembentukan kolagen yang mendukung fungsi kulit,” ujar Dr. dr. Fiastuti Witjaksono MS.SpGK di acara #FeelAlive bersama Zespri beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, vitamin C memiliki sifat larut air sehingga mudah dikeluarkan oleh tubuh melalui urine. Karena bersifat demikian pula, maka vitamin C tidak bisa disimpan terlalu lama dalam tubuh. Faktanya tubuh juga tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, jadi harus melalui konsumsi harian. Namun perlu diingat, vitamin C yang baik adalah yang berasal dari buah dan sayur, bukan dari suplemen.

“Pilihlah buah yang banyak mengandung vitamin C. Di bulan puasa, tidak serta merta kebutuhan tubuh akan vitamin C meningkat. Idealnya yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 60-90 miligram per hari. Semua itu tergantung dengan seberapa banyak kegiatan yang dilakukan dan tingkat daya tahan tubuh orang yang berbeda-beda,” sambungnya lagi.

Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa

bugar, vitamin c, vitamin, asupan, puasa

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments