Ramadan Festive

Mengintip Paket Wisata Ramadan di NTB

1

Tentu saja di bulan Ramadan ini, seluruh destinasi berlomba untuk membuat paket wisata yang ramah untuk turis muslim, baik domestik ataupun manca negara. Lalu di NTB, apa saja paket wisata yang bisa Anda coba?

Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Barat mulai tahun ini menyiapkan sejumlah paket wisata halal selama Ramadan. sejumlah destinasi yang menjadi daya tarik untuk dijual sudah disiapkan Asita, salah satunya yang kini menjadi icon baru destinasi wisata NTB, yakni Masjid Hubbul Wathan Islamic Center yang berlokasi di kota Mataram. Selain itu juga terdapat masjid Al Ridwan di kawasan wisata alam Desa Sesaot, Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Termasuk, paket-paket religi selama bulan Ramadan.

Dengan program Pesona Khazanah Ramadan, Gubernur NTB Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad Zainul Majdi mengatakan, pihaknya dengan senang hati mengundang parawisatawan untuk mengisi aktivitas Bulan Ramadan berwisata yang sarat muatan religi di NTB.

Muhammad Zainul Majdi mengungkapkan, program ini dimaksudkan untuk tiga tujuan. Pertama, NTB ingin berkontribusi menciptakan kenyamanan berbangsa dan mendinginkan situasi yang tidak nyaman pasca-ketegangan di Pilkada.

Kedua, program Pesona Khazanah Ramadan yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan ekonomi di NTB saat bulan Ramadhan. Sehingga Ramadan yang sebelumnya merupakan low season atau musim sepi untuk wisata, diharapkan dapat menjaring banyak wisatawan.

Ketiga, ingin semakin mengembangkan fasilitas dan segmen wisata halal ini dengan berbagai konten yang menarik. NTB ingin menciptakan inovasi dan kreativitas agar semakin mengukuhkan diri sebagai destinasi wisata halal. Di Bulan Ramadhan nanti, NTB akan menyuguhkan beragam aktivitas wisata bernuansa yang ramah bagi keluarga. Tidak saja mem-branding makanan maupun fasilitas halal, namun mengisinya dengan aktivitas berwisata yang sarat muatan religi maupun ramah bagi para pelancong keluarga.

Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa