Ramadan Festive

Saatnya Melirik Wisata Muslim Indonesia

1 1 1 1 1

Selama ini wisata muslim selalu identik dengan negara Timur Tengah. Banyak wisatawan muslim yang berbondong-bondong pergi ke sana karena hampir semua fasilitas dan makanan aman untuk dikonsumsi, tanpa rasa khawatir. Tapi jangan salah, tahun ini, Indonesia sudah masuk di posisi ketiga loh, sebagai negara wisata muslim.

Menurut Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017, Indonesia kini menduduki posisi ketiga, tepat di atas Turki. Naik satu peringkat dari tahun lalu, Kementerian Pariwisata menargetkan nilai USD220 miliar untuk tahun 2020 nanti.

“Indonesia naik satu peringkat ke posisi tiga menyusul Malaysia dan Uni emirat Arab pada sektor wisata muslim dari negara OKI dan Non-OKI. Pada tahun 2016, diperkirakan jumlah total kedatangan wisatawan muslim secara global mencapai 121 juta, naik dari 117 juta pada tahun 2015, mewakili 10% dari keseluruhan industri perjalanan,” ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata Indonesia.

Fazal Bahardeen, CEO dari CrescentRating & HalalTrip mengatakan, bahwa GMTI senantiasa mengungkapkan wawasan dan informasi yang detail, di mana hal tersebut akan membantu negara-negara destinasi untuk lebih memahami pergeseran kebutuhan sektor ini.

“Indonesia telah menanamkan investasi yang besar terhadap sektor ini, dan hal tersebut tercermin pada peningkatan yang dicapai Indonesia dalam peringkat secara keseluruhan selama dua tahun berturut-turut. Kami tentunya melihat adanya pengaruh dari generasi kaum wisatawan muda, milenial dan Gen Z yang menggabungkan teknologi dengan keinginan yang nyata untuk menjelajahi dunia sambil terus memperhaikan akan kebutuhan mendasar mereka sebagai seorang muslim,” ujarnya.

Dimana Saja Destinasi Wisata Halal di Indonesia?

Yang membuat Indonesia mampu naik peringkat adalah, karena sudah ditetapkannya destinasi wisata halal yang bisa dikunjungi oleh seluruh wisatawan muslim di seluruh dunia. Riyanto Sofyan, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal mengatakan bahwa destinasi ini sudah memiliki surat sertifikasi halal, mulai dari penginapan, restoran hingga tempat wisatanya.

“Lombok sudah ditetapkan menjadi percontohan karena telah diakui dunia menjadi tujuan wisata halal terbaik. Dengan status ini, tingkat kunjungan wisatawan di Lombok naik rata-rata 50 persen setiap tahunnya. Daerah lain yang didorong untuk berprestasi seperti Lombok adalah Sumatra Barat dan Aceh,” ujarnya kepada WI.

Menurut Riyanto industri halal saat ini sudah berevolusi menjadi gaya hidup. Sebelumnya industri halal telah masuk ke tren dunia keuangan yakni melalui perbankan syariah. Dia menjelaskan ada sejumlah perbaikan yang harus dilakukan pemerintah untuk mengejar 20 juta wisatawan itu. Di antaranya adalah meningkatkan branding Indonesia sebagai destinasi wisata muslim yang ramah. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa destinasi wisata di Indonesia yang sudah tersertifikasi halal di mata dunia.

Lombok
Lombok menjadi destinasi percontohan karena hanya di NTB yang memiliki Perda untuk pariwisata halal. Selain itu Lombok juga dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid, di sini para wisatawan muslim tidak memiliki kesulitan menemukan Masjid untuk beribadah. Sedangkan untuk kulinernya, karena penduduk Pulau Lombok mayoritas beragama Islam maka tentu makanan yang disajikan sudah pasti halal.
Beberapa tempat rekomendasi di Pulau Lombok yang sarat dengan keindahan adalah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak,Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta Lombok, Pantai Senggigi atau Wisata Pulau seperti ke Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air. Bagi pengantin baru dapat menikmati bulan madu bersama pasangan ke Pulau Moyo.
Hotel-hotel di Pulau Lombok juga sudah menerapkan penginapan Muslim Friendly seperti petunjuk arah kiblat, peralatan lengkap salat, kitab suci Al-Qur’an dan lain sebagainya.

Aceh
Kota Banda Aceh menjadi destinasi budaya ramah wisata Muslim terbaik versi Kementrian Pariwisata. Aceh bahkan sudah terlebih dulu mendapat gelar sebagai World Islamic Tourism pada 2014. Masjid Raya baiturrahman menjadi ikon kota Banda Aceh.
Kini, Pemkot kota Banda Aceh sedang membangun trans kota dengan 30 unit armada yang bisa mengelilingi kota Banda Aceh demi memanjakan para wisatawan. Rencana pembangunan lainnya adalah kebun raya, Museum Banda Aceh, Pusat Kebudayaan Islam dan Pendidikan Halal. Selain itu juga arsitektur bangunan-bangunan baru di bumi Serambi Mekah itu akan menggunakan arsitektur Islami.

Sumatera Barat
Sebagai daerah yang mayoritas warganya muslim seperti Aceh, Sumatera Barat juga jadi rekomendasi destinasi wisata halal yang wajib Anda kunjungi.  Di sini Anda dapat mengunjungi beberapa lokasi wisata halal yang indah dan memesona seperti Lembah Harau, Istana Pagaruyung, Jam Gadang, Pantai Pemutusan, Pantai Pagang, Puncak Lawang dan lain sebagianya serta beragam masakan khas Sumatera Barat yang tentunya dijamin halal.

Batam
Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menargetkan mampu mencuri kunjungan wisatawan mancanegara dengan Wisata Halal karena Kota Batam yang mayoritas penduduknya beragama muslim memiliki potensi yang besar menjadikan Pariwisata kota Batam menjadi Pariwisata Muslim Friendly.
Pemkot juga mendorong pelaku usaha baju muslim untuk mengembangkan usahanya. Secara kuantitatif pertumbuhan wisatawan yang datang ke Kota Batam mengalami peningkatan tiap tahunnya. Tahun 2015 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Batam mencapai sekitar 1,5 juta orang.
Salah satu restoran hotel yang sudah bersertifikat halal di Batam adalah Hotel Horizon Batam, sehingga pengunjung atau wisatawan terutama yang Muslim dapat dengan aman mengomsumsi makanan yang tersedia tanpa ragu akan kehalalannya.

Jakarta
Jakarta telah masuk dalam nominasi destinasi terbaik wisata halal dunia 2015 di Uni Emirat Arab. Destinasi wisata di Ibu Kota negara ini sudah banyak tersebar. Mulai dari Kawasan Kota Tua, pantai Ancol, hingga museum bersejarah.
Selain itu di Jakarta juga telah ada Bus Pariwisata yang siap melayani Anda mengelilingi tempat-tempat wisata di Jakarta dimana jika waktu sholat tiba bus-bus ini akan singgah ke Masjid Istiqlal atau masjid-masjid yang dilaluinya. Tidak berhenti sampai disitu saja, Di Jakarta sudah banyak ditemukan restoran-restoran bersertifikat halal termasuk pada restoran bertaraf internasional.

Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa