Buku Masak Nusantara

Buku Masak Nusantara

Tak banyak memang yang berusaha mendokumentasikan kuliner Indonesia dalam bentuk buku. Namun paling tidak, ada beberapa praktisi, chef, penggiat kuliner yang peduli terhadap kuliner dalam negeri. Berikut buku-buku Indonesia yang dikemas dalam resep, sejarah, hingga perjalanan mencari kuliner Tanah Air yang jarang tampil di permukaan. Paling tidak ini menjadi salah satu cara untuk melestarikan kuliner Tanah Air.

Mustika Rasa
Buku Mustika Rasa merupakan buku resep masakan Nusantara yang ‘diracik’ oleh Bung Karno melalui bantuan sang istri. Buku yang pertama kali terbit sejak tahun 1967 ini menjadi salah satu bagian dari sejarah kuliner Nusantara.
Kini buku berjudul Mustika Rasa tersebut diterbitkan kembali oleh Komunitas Bambu dengan jumlah yang terbatas. Tak ada yang berubah dari jumlah resep yang terdapat di dalamnya. Namun buku rintisan ulang yang satu ini mengalami perubahan dari sisi ejaan hingga dapat dinikmati setiap pembacanya.

Papaya Flower
Buku berjudul Papaya Flower ini ditulis oleh Petty Eliot, chef sekaligus praktisi kuliner. Buku tersebut berisikan tentang makanan khas Manado, yakni kumpulan resep tradisional dan moderen. Dari makanan berbalut bambu hingga sambal dabu-dabu. Buku ini ditulis ke dalam bahasa Inggris untuk memudahkan pembaca ekspatriat mencari tahu kuliner Indonesia.

Minang Legacy to The World
Buku yang ditulis oleh Reno Andamsuri ini berisikan tentang perjalanan dirinya menemukan rendang di Sumatera Barat. Reno yang merupakan food consultant sekaligus praktisi kuliner berjelajah ke seluruh penjuru Sumatera Barat untuk menemukan rendang-rendang ‘tersembunyi’ yang jarang tampil di permukaan.

Kuliner Betawi: Selaksa Rasa dan Cerita
Kuliner Betawi: Selaksa Rasa dan Cerita merupakan buku kuliner khas Betawi yang dibuat oleh 10 wanita. Buku ini berisikan resep-resp otentik masakan Betawi yang dapat dipraktikan di rumah.

Selamat Makan: Let’s Cook Indonesian Food!
Buku berjudul Selamat Makan: Let’s Cook Indonesian Food! digagas oleh tim Spice it Up, tim kuliner Frankfurt. Buku ini menampilkan aneka masakan Indonesia yang enak dan mudah dalam proses pembuatannya. Di dalamnya juga terdapat cerita asal-usul makanan, dilengkapi dengan tampilan gambar yang menarik. Tahun 2016 buku ini juga masuk nominasi Gourmand World Cookbook.

Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia
Dibandingkan buku kuliner lainnya, Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia menyingkap perkembangan makanan di Indonesia sejak masa kuno. Sang penulis, yakni Fadly Rahman juga menguraikan tentang rempah yang sering dipakai di makanan Indonesia.

30 Ikon Kuliner Nusantara
30 Ikon Kuliner Nusantara merupakan buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata. Buku ini berisikan resep-resep 30 kuliner pilihan dari berbagai daerah di Indonesia.

Cerita Dapur Nusantara dalam Rasa & Rupa
Buku yang berisi resep-resep Nusantara ini disusun oleh Bara Pattiradjawane. Berisikan kurang lebih 55 resep, buku ini tampil menarik dengan ilustrasi cat air. Mulai dari Nasi Goreng Kampung, Sate Marangi, Soto Bandung, Pecel Madiun hingga aneka kudapan seperti Klepon, Asinan Bogor, Wingko Babat dan aneka sambal serta tips memasak ala Bara.

Teks: Fauziah Purwanti
Foto: Istimewa