Para Selebriti Desainer Meresmikan Komunitas Fashion Berbasis Syariat

Para Selebriti Desainer Meresmikan Komunitas Fashion Berbasis Syariat

Syar’i Community Indonesia (SCI), resmi mendeklarasikan diri sebagai komunitas desainer muslimah pada hari Rabu (22/2/2017). Acara ini turut dihadiri para foundernya, antara lain; Cindy Fatikasari, Risty Tagor, Terry Putri dan Okky Setiana Dewi. Acara launching ini juga menampilkan fashion show dari semua brand founders, bertempat di Grand Mahakam Hotel, Jakarta Selatan.

“SCI adalah wadah bagi para desainer muslimah syar’i. Kami mencoba memberikan warna baru dalam pengidentifikasian wanita muslim di Indonesia melalui fashion yang syar’i. Karena menurut kami, dengan berpenampilan seperti itu adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri dan hidup,” ujar Tiara Syafrudin, salah satu founder SCI.

Semua koleksi yang ditampilkan berbasis syar’i, yang kebanyakan di dominasi warna pastel dan netral, seperti krem dan merah muda. Motif yang digunakan kebanyakan adalah bunga, karena dianggap mencerminkan keindahan dan keanggunan dari seorang muslimah. “Tentu dengan potongan yang tidak membentuk tubuh,” tambah Okky siang itu.

 

SCI didirikan pada 19 Desember 2016 oleh 30 desainer yang kesemuanya mengarahkan kiblat fashion sesuai suratan islam. Selain fashion, terdapat 3 fokus utama sebagai aktivitasnya. Beberapa sektor tersebut adalah; ekonomi, dakwah, dan sosial.

Dalam bidang ekonomi, seluruh busana para desainer muslimah ini akan dipasarkan secara online lewat website www.syariku.com. “Insya Allah akan berada di salah satu mall di Jakarta Selatan. Kami juga berencana akan mengadakan roadshow fashion festival ke beberapa kota-kota besar di Indonesia,” jelas Cindy Fatikasari.

Dalam bidang dakwah, SCI akan mengadakan kegiatan bertajuk ‘Majelis Syar’i-ku’. Para founder ini dapat menginisiasi majelis rutin untuk muslimah yang di dalamnya menggali ilmu ke-syar'i-an yang akan digelar 2 minggu atau 2 bulan sekali.

Dalam bidang sosial, SCI mengusung program sosial untuk anak-anak dan muslimah. Misalnya dengan keyerlibatan pada Gerakan 1000 Hijab Syar’i untuk Indonesia dan membangun 99 Rumah Qur’an Asmaul Husna. Rumah Qur’an ini bekerjasama dengan aktris Peggy Melati Sukma, yang juga adalah salah satu Badan Penasehat SCI.*

 

Teks: Mreizghi Alvio Linchia, Foto: Muhammad Nur Ridho

Launching, Komunitas, Selebriti, Cindy Fatikasari, Terry Putri, Risty Tagor, Peggy Melati Sukma, Okky Setiana Dewi, Fashion, Designer, 2017

Artikel Terkait

Comments