28 Wanita Indonesia Bicara

Wulan Ayodya (Penggiat UKM): Membutuhkan Mental Baja

Wulan Ayodya (Penggiat UKM): Membutuhkan Mental Baja

Pengalaman 10 tahun di bidang usaha kecil menengah membuat pikiran saya terbuka lebar, khususnya pada para wanita Indonesia. Secara umum, idealnya wanita mampu membekali dirinya dengan ilmu dan keterampilan. Baik itu sesudah maupun sebelum berkeluarga.

 

Berat memang, karena harus seimbang dalam membagi tugas dan peranan demi mendidik anak-anak. Tapi keseimbangan inilah yang dibutuhkan.

Namun jika ditanya secara khusus apa idealnya menjadi wanita Indonesia? Khusus bagi mereka yang terjun sebagai pelaku usaha, mental baja-lah jawabannya.

Saat usaha baru dimulai pasti berat untuk dijalankan. Entah produk yang belum laku atau kondisi-kondisi berat lainnya. Jika tidak memiliki mental yang kuat, bisa jadi usaha mudah berhenti begitu saja.

Selain mental yang dibutuhkan, para wanita Indonesia juga perlu melek tentang manajemen. Kadang wanita suka bilang, untuk apa belajar manajemen. Tapi justru itu yang memudahkan kita dalam memajukan usaha. Untuk wanita yang tinggal di perkotaan, mungkin manajemen usahanya sudah baik.

Sebaliknya, mereka yang berada di pelosok agak berbeda. Mereka belum maju secara teknologi dan informasi yang hanya bersumber dari orang tua. Mereka yang membuka toko atau warung mereka merasa belum penting melakukan pencatatan keuangan. Hanya barang yang penting laku dan modalnya bisa mutar. Itu kenyataannya yang terjadi di daerah.

Sebagai wanita, saya juga ingin banyak perempuan di luar sana bisa mengisi waktu kegiatan untuk membuka usaha. Mereka dapat membuka usaha tapi dengan tata kelola yang benar. Dengan tata kelola yang benar bukan cuma bertujuan untuk mencari keuntungan. Tidak begitu. Ini demi mengantarkan keberhasilan dalam menjalankan usaha.

         

Sekilas Tentang Wulan Ayodya

Wulan Ayodya pendiri UKMKU, lembaga yang memberikan pelatihan wirausaha dan kursus keterampilan penunjang usaha. Berwirausaha dijalani Wulan sejak duduk di bangku SMP. Saat ini melalui UKMKU, dia berhasil mencetak para pelaku usaha kecil menengah yang mandiri dan sukses.

Foto: Dok.Pri