BPJS Kesehatan: Menguntungkan atau Merugikan?

Tips Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan

Tips Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan

Ada beberapa hal yang perlu kita cermati ketika menggunakan kartu BPJS Kesehatan, tetapi tetap merasa nyaman berobat. Yang pasti tidak merasa jenuh atau capek karena mengantre.

 

  1. Pilihlah fasilitas kesehatan (faskes) awal yang kita rasa bagus pelayanannya dan jaraknya tidak jauh dari tempat tinggal kita.
  2. Selalu siapkan fotokopi kartu BPJS di dompet agar tidak bolak-balik untuk fotokopi.
  3. Pilihlah rumah sakit rujukan yang kita rasa bagus pelayanannya dan juga tidak jauh dari wilayah tempat tinggal kita.
  4. Apabila rumah sakit yang kita anggap bagus pelayanannya tetapi tidak satu wilayah dengan alamat tinggal kita (sesuai KTP), kunjungi kantor pelayanan BPJS untuk minta pindah fasiliras kesehatan yang satu wilayah dengan rumah sakit rujukan yang kita kehendaki.
  5. Setiap kali ke rumah sakit, usahakan membawa atau meminta tolong keluarga, teman atau kerabat yang bersedia membantu kita mengantre nomor, mengurus administrasi atau mengantre obat.
  6. Jangan pelit mengeluarkan sedikit biaya untuk saudara, teman atau kerabat yang membantu kita mengantri di rumah sakit. Dan bayangkan jika kita harus memakai jasa ’joki’ yang sudah pasti pakai biaya.
  7. Berikan kepercayaan penuh kepada saudara, teman atau kerabat yang membantu kita berobat tersebut agar ia merasa dihargai. Lalu arahkan jika ia belum mengerti prosedur berobat menggunakan kartu BPJS.
  8. Siasati jadwal pertemuan dengan dokter yang kita anggap cocok dengan kita. Karena terkadang dokter yang kita kehendaki pada hari kita berobat belum tentu praktik.
  9. Selalu membawa bekal makanan atau minuman, ponsel, majalah atau buku untuk mengusir kejenuhan saat menunggu.
  10. Jangan sungkan bertanya ke loket pelayanan BPJS yang ada di setiap rumah sakit apabila menghadapi kendala pada kartu kepesertaan kita.*

 

Teks: Kiki KesturiIFoto: M Nur Ridho, Zulham